Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusunawa Sudah Dibangun, Eh Listrik Belum Nyala

Kompas.com - 19/05/2011, 17:13 WIB

KENDARI, KOMPAS.com - Peresmian Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Kelurahan Tobuuha, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari terkendala karena belum tersedianya daya listrik untuk penerangan di daerah itu. "Yang sudah tersedia saat ini di Rusunawa tersebut baru pemasangan instalasi dan tiang listriknya. Sementara daya listrik belum ada," kata Kepala Dinas Tata Kota dan Bangunan, Andi Adam Pattawari, di Kendari, Kamis.

Ia mengatakan, belum tersedianya daya listrik di rusunawa itu dikarenakan belum cairnya APBD untuk membiayai daya listrik di perumahan tersebut. "Untuk itu, kami tunggu dahulu Dispenda Kendari untuk cairkan dana itu, selanjutnya kita akan pasang daya listrik," kata Andi Adam. Sebelumnya, kata Andi Adam, peresmian perumahan yang dibangun Pemerintah Kota Kendari itu akan dilakukan Januari 2011, karena belum adanya listrik maka peresmiannya belum terlaksana hingga sekarang.

Ia menjelaskan, pembiayaan daya listrik di rusunawa itu mencapai Rp200 juta, kalau dana itu cair maka peresmian rumah itu dipastikan dilaksanakan pada Juni 2011. "Rusunawa ini terdiri dari tiga lantai di mana jumlah kamarnya sebanyak 96 unit. Saat ini, sudah 70 orang yang menyatakan akan tinggal di rumah tersebut," katanya.

Menurutnya, sisa yang 26 unit tersebut tetap dibuka untuk umum, bagi warga Kota Kendari yang ingin tinggal di Rusunawa itu silakan ke kantor Dinas Tata Kota. "Warga yang hendak tinggal di perumahan itu diprioritaskan bagi warga yang belum memiliki rumah dan berpenghasilan rendah sekitar Rp800 ribu per bulan," katanya.

Sementara sewa kamar rusunawa tersebut, katanya, bervariasi mulai Rp100 ribu per bulan untuk per bulan, Rp150 per bulan untuk lantai dua dan Rp175 ribu per bulan untuk lantai satu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com