Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bila Rumah Menantang Matahari..

Kompas.com - 19/05/2011, 16:27 WIB

KOMPAS.com - Sebaiknya ketika mendirikan rumah tidak menghadap ke barat atau menantang matahari. Mengapa? Sinar matahari akan menerpa jendela atau dinding rumah, dan mengakibatkan ruang di balik jendela dan dinding menjadi panas.

Sinar matahari yang menerpa dari pukul 12.00 - 14.00 akan memanaskan dinding, terkadang sampai malam hari. Ruangan masih panas sementara Anda butuh kenyamanan. Jalan mudahnya menghidupkan penyejuk ruangan atau AC. Sementara, menghidupkan AC secara terus menerus akan memboroskan energi. Jadi sebaiknya bagaimana untuk mengatasinya?

Menurut arsitek Zenin Adrian dari dari Zeninadriandesignlab ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal seperti ini. "Kalau terpaksanya berada di komplek perumahan yang bangunannya sudah jadi pasti sulit untuk mengubah ," katanya.

Misalnya dengan menambahkan kanopi pada jendela rumah. Kanopi ini diatur agar sinar matahari yang masuk tidak menerpa jendela rumah dan memanaskan ruangan. Cara lainnya dengan memberi lapisan kulit kedua pada rumah atau akrab disebut secondary skin, misalnya dengan memberi susunan batang bambu, bilah papan kayu, dan lainnya pada bagian jendela atau dinding. Dengan memberi lapisan kedua, maka pemanasan ruangan bisa berkurang, yang tentunya mengurangi penggunaan penyejuk ruangan. (Natalia Ririh)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com