Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Batang-Pemalang Beroperasi 2014

Kompas.com - 07/05/2011, 16:16 WIB

BATANG, KOMPAS.com  - Panitia pengadaan tanah (P2T) tol Batang-Pemalang memperkirakan proyek pembangunan jalan bebas hambatan yang kini masih dalam tahapan pembebasan lahan akan selesai pada tahun 2014.

Anggota Sekretaris Panitia Pengadaan Tanah Tol Batang-Pemalang, Fauzi Arief di Batang, Sabtu, mengatakan hingga kini jumlah lahan milik warga yang telah diukur untuk proyek pembangunan jalan tol telah mencapai 27,7 hektare. "Namun, untuk tahapan pembebasan lahan milik warga masih menunggu keputusan dari tim pengadaan tanah yang rencananya dilakukan Mei 2011," katanya.

Menurut dia, dari 27,7 hektare lahan yang sudah diukur, yaitu di Desa Sawahjoho seluas 6,78 ha, Cepagan 3,47 ha, Banjiran 1,22 ha, Pasekaran 2,98 ha, dan Rowobelang seluas 13,25 ha. "Kami sudah melakukan pengukuran lahan di lima desa itu sedangkan tiga desa lainnya, yaitu Masin, Candiareng, dan Kalibeluk akan menyusul," katanya.

Ia mengatakan proses pembangunan fisik jalan tol Batang-Pemalang tidak terlalu menimbulkan persoalan karena bersifat teknis dan bisa dihitung. "Justru yang kemungkinan menjadi permasalahan adalah saat pembebasan lahan karena masyarakat bisa saja tidak sepakat dengan harga lahan, apalagi jika ada keterlibatan calo atau oknum provokator," katanya.

Ketua Tim Pengadaan Tanah Ruas Jalan Tol Batang-Pemalang, Rasbadi mengatakan timnya segera mengadakan pertemuan dengan P2T dan berkoordinasi ke tingkat kabupaten untuk membahas proses pembebasan lahan.

"Dari informasi, rencananya TPT akan mengundang tim P2T yang terdiri atas sekeretaris daerah dan kepala desa untuk membahas masalah pembebasan lahan untuk proyek jalan tol tersebut," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com