Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Bengkulu-Lubuk Linggau 45 Km Dibangun?

Kompas.com - 02/05/2011, 16:34 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com  - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu menyetujui rencana pembangunan jalan tol sepanjang 45 kilometer yang menghubungkan Kota Bengkulu-Kota Lubuk Linggau, Sumsel, tahun 2011.

"Program tersebut bisa saja direalisasikan asalkan sebagian jalan nasional dan provinsi di wilayah ini sudah diperbaiki karena sekarang kondisinya cukup memprihatinkan," kata Anggota Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, M Sis Rahman.

Ia mengatakan, Provinsi Bengkulu sudah layak memiliki ada jalan tol. minimal semi-tol, antara Kota Bengkulu-Lubuk Linggau untuk memperlancar transportasi dengan daerah provinsi tetangga, terutama para wisatawan untuk menikmati wisata Pantai Panjang Bengkulu.

Bila transportasi ke Lubuk Linggau itu sudah lancar, diharapkan dapat memperpendek jalan penguhubung lintas Barat Bengkulu dengan jalan lintas tengah di wilayah Lubuk Linggau, Sumatra Selatan.

Selain itu, akses roda perekonomian masyarakat akan lebih lancar, terutama hasil petanian dan perkebunan di Kabupaten Musi Rawas dan Lubuk Linggau bisa dikapalkan melalui Pelabuhan Pulau Baai, Bengkulu.

Rencana pembukaan jalan tol tersebut disampaikan langsung Plt Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah kepada Presiden Susilo Bambang (SBY) di Istana Negara belum lama ini, katanya.

Plt Gubernur Bengkulu, Junaidi Hamsyah, membenarkan rencana tersebut dalam rangka memperlancar transportasi jalan lintas tengah provinsi Bengkulu karena aksesnya sangat dekat dengan wilayah Sumsel.

"Kita telah mengusulkan pembangunan jalan tol bebas hambatan sepanjang 45 kilomter melintasi lima kabupaten/kota, yaitu mulai dari Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Kepahiang, Rejang Lebong hingga Kota Lubuk Linggau," katanya.

Ia menjelaskan, untuk detail engineering design (DED) akan dilakukan tenaga teknis dari Kementerian Pekerjaan Umum dan konsultan perencana serta pengawas dari pusat, di samping Pemprov Bengkulu juga akan membantu agar rencana tersebut segera terealisasi.

Alasan mendasar pentingnya pembangunan jalan tol dari Kota Bengkulu ke Kota Lubuk Linggau karena pembangunan jalan secara nasional hanya terpusat di wilayah lintas timur saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com