Kamis, 28 Agustus 2014
8 Langkah Bunga Potong Tetap Segar
Penulis : Natalia Ririh | Sabtu, 30 April 2011 | 11:57 WIB
|
Share:
IST
ILUSTRASI Bunga Potong

KOMPAS.com - Dekat dengan alam dan kesegaran diwujudkan dengan memasukkan tanaman atau bunga potong segar ke dalam rumah. Bunga potong memang tak tahan lama, tapi kalau hanya mampu bertahan 1 - 2 hari saja, wah pasti kecewa. Berikut beberapa trik agar bunga potong lebih segar dan tahan lama:

1. Ketika Anda tertarik dengan bunga tertentu, perhatikan dulu pada bagian bawah batangnya lalu tekan dengan jari. Jika yang anda rasakan keras dan basah juga berarti bunga masih segar. Kalau berasa lembek, berair, dan berbau artinya bunga sudah berada di luar ruangan pendingin selama 24 jam. Usia bunga terlihat dari kekuatan batang. Kalau keras berarti masih baru. Pilihlah yang memiliki ujung batang bersih.

2. Pilih bunga yang masih dalam kondisi kuncup. Bunga mekar memiliki usia kesegaran yang tinggal sedikit, sementara yang kuncup akan lebih lama. Sesampainya di rumah, letakkan dalam vas, dan bunga kuncup perlahan akan mekar.

3. Sebaiknya ketika membeli, anda memilih bunga dalam keadaan mahota bunga masih tertutup cone kertas atau plastik, sehingga makhota terlindungi atau tidak mudah gugur.

4. Estimasikan waktu pembelian bunga, jika anda masih ingin membeli keperluan yang lain, sebaiknya membeli bunga segar pada pilihan terakhir. Semakin lama bunga berada di luar wadahnya, usia kesegaran semakin pendek. Kalau anda tak merasa repot, siapkah tempat berisi air sebagai antisipasi menjaga usia kesegaran bunga.

5. Siapkan vas atau wadah khusus untuk bunga segar. Hindari membersihkan wadah dengan sabun, karena sabun dapat mengubah sifat kimiawi air yang mempengaruhi kesegaran bunga. Lalu isilah air secukupnya

6. Sebelum memasukkan bunga, bersihkan batang lebih dulu. Buang lendir-lendir pada batang yang menempel, buang pula daun yang tampak layu. Yang terendam dalam air cukup batang saja, daun jangan sampai terendam. Karena proses pemasakan makanan melalui dedaunan menyisakan residu berupa karbondioksida. Residu dapat mencemari air sebagai bahan makanan tumbuhan.

7. Agar tahan lama, gantilah air dalam wadah setiap hari. Saat mengganti, periksa bagian batang bawah bunga, kalau menunjukkan tanda-tanda pembusukan potong batang sekitar 1 sentimeter.

8. Jauhkan dari paparan matahari langsung dan tiupan angin yang kencang. Kalau bunga segar ditempatkan di ruang ber - AC, sebaiknya setiap hari dikeluarkan ke tempat terbuka selama beberapa saat. Sirkulasi AC biasanya mengakibatkan kelembaban yang rendah, sehingga bunga tidak mendapat udara segar untuk bertahan lebih lama.

Selamat Mencoba! (dari berbagai sumber/Natalia Ririh)

 


Editor :
Robert Adhi Kusumaputra