Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blanko AJB Menghilang, Apersi Risau

Kompas.com - 27/04/2011, 19:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia atau Apersi risau dengan banyaknya laporan pengembang di berbagai daerah soal menghilangnya blanko Akte Jual Beli (AJB).

Ketua Umum DPP Apersi Eddy Ganefo hari Rabu (27/4/11) mengatakan, pihaknya menerima laporan soal langkanya blanko AJB, antara lain di Banten dan Jawa Barat.

“Kelangkaan blanko AJB ini terjadi sejak Januari 2011. Hal ini menyebabkan terhambatnya akad pengembang dengan pihak perbankan karena kantor-kantor notaris tidak dapat menyediakan blanko AJB. Di Cirebon, beberapa hari ini kantor BPN setempat tak bisa menyediakan blanko AJB karena belum dikirim kantor pusat BPN,” kata Eddy Ganefo.

Ketua Umum DPP Apersi ini merisaukan keadaan ini. “Jika persoalan ini tidak segera diatasi, pengembang akan mengalami kerugian yang sangat besar, terutama pengembang menengah dan kecil. Ratusan bahkan ribuan unit rumah yang siap akad kredit, terpaksa tidak dapat dilaksanakan,” jelas Eddy.

Kondisi ini juga akan menjadi kendala bagi percepatan pembangunan perumahan sejahtera tapak. “Dan ini akan berdampak terhadap kinerja pemerintah, dalam hal ini Kementerian Negara Perumahan Rakyat dalam upaya mngejar target penyediaan Rumah Sejahtera Tapak bagi masyarakat, berpenghasilan rendah (MBR),” tandas Eddy Ganefo. (KSP)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com