Jumat, 25 April 2014
Rumah Sakit Pertamina Hadir di Sentul City
Penulis : Natalia Ririh | Rabu, 27 April 2011 | 07:44 WIB
|
Share:
Dok Sentul City
Rencana Rumah Sakit Pertamina Sentul City

BOGOR, KOMPAS.com - PT. Sentul City Tbk, PT. Pertamina Bina Medika,  dan PT. Waskita Karya bekerja sama membangun rumah sakit Pertamina di Sentul City, Bogor. Rumah sakit bertaraf internasional ini dibangun untuk menjawab kebutuhan pelayanan kesehatan di kawasan Sentul City, Bogor, serta selatan Jakarta.

"Sentul City dikembangkan sebagai City of Ennovation yang diperkuat empat pilar pengembangan, yakni Eco City, Education and Knowledge City, Entertainment and Destination City, dan Art and Cultural City. Rumah Sakit Pertamina Sentul City mendukung keempat pilar ini," kata Andrian Budi Utama, Direktur PT. Sentul City Tbk saat acara penandatanganan kerjasama ketiga belah pihak di Bogor, Selasa (26/4/2011).

Andrian mengatakan Rumah Sakit Pertamina di Sentul City dengan unggulan pelayanan kesehatan jantung dan hati, akan berdiri di lahan seluas 2,5 hektar dengan pembangunan tahap pertama 12.500 meter persegi. "Pengembangan tahap pertama menelan investasi sebesar Rp 170 Miliar. Rencana akan beroperasi semester 2 tahun 2012," katanya.

Untuk pelayanan pada tahap 1 ini meliputi, Unit Gawat Darurat, Radiologi, Laboratorium, Poliklinik Umum dan Spesialis, 11 Klinik, Kamar Bedah dengan 4 tempat tidur, Unit Rawat Intensif meliputi ICU; NICU; HCU, Kebidanan / Obsgyn dengan 6 tempat tidur, dan Rawat Inap sekitar 96 tempat tidur yang terdiri atas VIP, Kelas I, Kelas II, dan Kelas III.

Pelayanan yang ditambahkan pada tahap 2 pembangunan meliputi, Ruang Rawat Intensif Jantung (ICCU), Cardiac Unit dan Ruang2 Tindakan Cardiac, Pengembangan Poliklinik Spesialis Jantung dan Penyakit Dalam, 11 Klinik, dan Rawat Inap sekitar 96 tempat tidur yang terdiri atas VIP, Kelas I, Kelas II, dan Kelas III. Kemudian pelayanan yang ditambahkan pada tahap 3 meliputi: Ruang Rawat Intensif Liver, Liver Unit dan Ruang2 Tindakan Liver, Pengembangan Poliklinik Spesialis Liver, 11 Klinik, dan Rawat Inap sekitar 96 tempat tidur yang terdiri atas VIP, Kelas I, Kelas II, dan Kelas III. Dan pelayanan yang ditambahkan pada tahap 4 meliputi : Pengembangan Neuro-Sciences, Rawat Inap sekitar 96 tempat tidur yang terdiri atas VIP, Kelas I, Kelas II, dan Kelas III.

Sumanto, Direktur Perencanaan PT Pertamina Bina Medika mengaku yakin Rumah Sakit Pertamina Sentul City akan menjadi pilihan masyarakat karena reputasi yang baik selama ini. "Kami siap dengan pelayanan yang prima dan peralatan yang modern sehingga masyarakat tidak perlu ke luar negeri untuk berobat," ujarnya.

PT Pertamina Bina Medika (PERTAMEDIKA) merupakan anak perusahaan Pertamina yang membawahi RS. Pusat Pertamina, RS. Pertamina Jaya, RS. Pertamina Klayan, RS. Pertamina Tanjung, RS. Pertamin Balikpapan, RS. Pertamina Prabumulih, Pertamedika Medical Center (PMC), Akademi Keperawatan (AKPER), dan Manajemen Pengendalian Pemeliharaan Kesehatan (MPPK). (Natalia Ririh)


Editor :
Robert Adhi Kusumaputra