Kamis, 30 Oktober 2014
Supported By : Dulux
Tips Mengecat yang Benar
Kamis, 14 April 2011 | 18:59 WIB
|
Share:
iDEA/Dean Martin Saerang
Tips Sukses Mengecat Dinding Kamar Tidur
TERKAIT:

KOMPAS.com -  Jika Anda ingin melakukan pengecatan, ada tips yang dapat membantu mencapai hasil pengecatan yang maksimal dan aman.  

Sebelum mulai pengecatan:

(1)     Rencanakan pekerjaan terlebih dahulu dan datalah apa saja barang-barang yang hendak diorder.

(2)     Pastikan bahwa anda mempunyai alat yang benar untuk pekerjaan seperti tangga. Adalah yang terbaik jika ruangan kosong, tetapi jika tidak mungkin tutupi dengan perabotan dengan plastik atau Koran.

(3)     Sebelum Anda mulai mengecat, baca petunjuk pada kemasan cat dan pastikan Anda melakukan seluruh perabotan dengan plastik atau Koran.

(4)      Pastikan ventilasi udara yang cukup dengan membuka seluruh pintu dan jendela sebelum mulai mengecat .

(5)     Longgarkan sekerup stop kontak, tarik body stop kontak keluar dan renggangkan kabelnya, untuk memudahkan pengecatan.

(6)     Jika Anda sedang menggunakan lebih dari 1 kaleng/1 pail warna cat yang sama, campur cat bersama-sama dalam satu wadah yang cukup besar untuk mencegah terjadinya variasi warna.  

Sementara Anda sedang mengecat

(1)     Jauhkan dari anak-anak atau binatang peliharaan dari area pengecatan.

(2)     Selalu gunakan kacamata safety, ketika melakukan persiapan pengecatan maupun sedang mengecat.

(3)     Selalu gunakan masker ketika sedang bekerja dengan cat kayu/besi yang menggunakan pelarut berbahan dasar minyak (thinner).

(4)     Ketika berhenti mengecat, tempatkan kaleng cat pada tempat yang sejuk dan aman. Bungkuslah kuas cat dengan kertas yang di isolasi dengan posisi tangkai kuas menghadap ke bawah (berdiri).

(5)     Jika cat telah mengeras di kuas, coba celupkan ke dalam air hangat, ini akan memudahkan mencucinya dengan air hangat.

(6)     Gunakan kuas kecil untuk mengecat pinggiran yang tajam, sehingga bulu kuas akan menciptakan pinggiran yang tajam.

(7)     Bila cat yang akan digunakan sudah menggumpal (sedikit mengental), sebaiknya disaring dengan kain.

(8)     Ketika mengecat perbatasan antara tembok dan lantai, gunakan masking tape untuk mencegah rembesan cat ke lantai atau karpet.  

Sumber :
Dulux
Editor :
Robert Adhi Kusumaputra