Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik Prabayar Bisa Tekan Biaya Bulanan Rusunami

Kompas.com - 04/04/2011, 19:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Paul Marpaung, Deputi Bidang Perumahan Formal Kementerian Perumahan Rakyat, mengatakan pihaknya tengah mengusahakan upaya menekan biaya bulanan yang tinggi di Rusunami. Salah satunya, meminta PLN untuk menerapkan metode prabayar di Rusunami.

"Dari PLN sebenarnya ada metode prabayar untuk listrik, dimana penghuni Rusunami punya meteran sendiri-sendiri, dan kebutuhan masing-masing penghuni berbeda, begitu pula nanti biayanya," kata Paul ketika dihubungi Kompas.com di Jakarta, Senin (4/4/2011).

Menurut Paul, metode prabayar yang ditawarkan PLN ini dapat menekan biaya listrik yang tinggi di Rusunami. Hanya saja, tambah dia, metode prabayar ini belum banyak diterapkan di berbagai tempat. "Baru terbatas di beberapa tempat, seperti di Cengkareng itu sudah," jelasnya.

Keluhan biaya bulanan tinggal di Rusunami yang tinggi diakui oleh Paul sudah diketahui sejak lama. Pihaknya mengaku telah menyampaikan kepada PLN dan Badan Pengelola Sistem PDAM. "Kami sudah menyampaikan, tapi belum ada solusi yang pasti. Kami juga menyampaikan agar biaya bulanan di Rusunami disamakan dengan penghitungan untuk rumah landed," katanya.

Paul menambahkan, pihaknya juga telah menyampaikan hal ini kepada pemerintah daerah DKI Jakarta mengingat PLN dan PDAM adalah kewenangan Pemda setempat. "Sudah sekitar dua tahun lalu kami sampaikan, tapi belum ada tanggapan juga," ungkapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com