Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percantik Taman dan Kolam dengan Teratai

Kompas.com - 16/03/2011, 16:34 WIB

KOMPAS.com - Aneka warna bunganya akan memperindah taman rumah Anda. Tanaman ini pun gampang dirawat dan dibiakkan. Baik di dalam pot maupun di kolam, teratai (Nymphaea lotus ) adalah pilihan pas untuk mempercantik taman Anda. Tanaman air ini memiliki bunga indah berwarna pink , putih, ungu, dan kuning. Ditopang batang dan daun berbentuk bulat yang memiliki lapisan lilin pada permukaannya, bunga teratai tumbuh di atas permukaan air.

Tanaman yang dapat hidup di lumpur ini memerlukan penyinaran matahari penuh untuk tumbuh optimal. Teratai pun tergolong tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat. Daun dan batangnya dapat menyebar hingga sepanjang 100cm-120cm.

Untuk mengontrol pertumbuhannya, Anda perlu melakukan pemangkasan. Jika dibiarkan, daun yang tumbuh lebat menutupi kolam dapat mengurangi masuknya sinar matahari ke kolam. Ini bisa mengganggu pertumbuhan ikan dan tanaman air lainnya di kolam.

Jika Anda menempatkan teratai di kolam, usahakan agar daun teratai berada di permukaan air. Gunakan beberapa batu bata untuk menyangga jika menggukanan pot yang berukuran terlalu pendek di dalam kolam. Seiring meningginya ukuran teratai, satu-persatu batu bata bisa dikurangi.  (Tigor C. Siahaan/iDEA)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com