Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciputra World Surabaya Miliki Eskalator Terpanjang di Asia Tenggara

Kompas.com - 14/03/2011, 07:11 WIB

KOMPAS.com – Superblok Ciputra World Surabaya segera beroperasi pada bulan Juni 2011. Mal dan apartemen akan beroperasi lebih dulu, menyusul kemudian hotel dan perkantoran. Salah satu kelebihan pusat perbelanjaan Ciputra World Surabaya adalah hadirnya eskalator terpanjang dari lantai dasar menuju lantai tiga, ke kawasan makan V-Walk.

Managing Director Grup Ciptra Harun Hajadi dalam percakapan dengan Kompas.com di Pekanbaru pekan lalu mengungkapkan, eskalator sepanjang 34 meter dan tinggi 16 meter ini berkecepatan 30 meter per menit. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari ujung ke ujung 66 detik.

Mengapa dibuat eskalator terpanjang di Ciputra World Surabaya? Menurut Harun, pihaknya membuat kreasi agar pengunjung tetap dapat langsung ke tempat makan di V-Walk hingga larut malam pukul 24.00, tanpa harus terganggu dengan toko-toko di dalam mal yang sudah tutup pukul 22.00.

“Mudah-mudahan dengan konsep ini, tempat makan V-Walk tetap hidup. V-Walk merupakan tempat makan dengan desain kota lama Surabaya,” kata Harun, yang juga menantu tokoh properti Ciputra.

Direktur Grup Ciputra Nanik J Santoso menambahkan, mal Ciputra World Surabaya dengan luas kotor 89.000 meter persegi ini dibangun lima lantai di lahan seluas 7,7 hektar, atau luasnya mirip dengan Senayan City Jakarta.

“Kami membuat mal Ciputra World Surabaya sebagai mal gaya hidup, yaitu mal untuk tempat makan dan nongkrong. Mal ini terintegrasi dengan hotel. Seperti halnya mal Ciputra di Jakarta dan Surabaya yang terintegrasi dengan hotel yang selalu penuh, kami berharap mal dan hotel tetap penuh,” ungkap Harun Hajadi.

Okupansi Mal Ciputra World Surabaya sampai pertengahan Maret 2011 ini sudah terisi 86 persen dengan rata-rata penyewa yang menghadirkan merk kelas atas.

Perluasan mal sudah disiapkan sehingga ketika sudah saatnya diperluas, lahannya sudah ada. “Saat ini mal seluas 89.000 m2, dan kelak diperluas menjadi 200.000 m2 dengan nett rentable 55.000 m2. Itu mimpi kami,” kata Harun.

Ciputra World Surabaya diproyeksikan dibangun seluruhnya dalam waktu 10 tahun. Setiap dua tahun, kata Harun, pihaknya membangun dua menara. “Jadi masih ada lima menara lagi yang akan dibangun di Ciputra World Surabaya, yaitu empat menara apartemen dan satu menara perkantoran yang digabung dengan perkantoran,” ujarnya.

Harun optimistis Ciputra World Surabaya bakal ramai mengingat lokasi mal di Jalan Mayjen Sungkono Surabaya adalah lokasi strategis. Jalan ini menghubungkan kawasan hunian papan atas seperti CitraLand Surabaya dan Graha Famili di wilayah barat Surabaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com