Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KONSULTASI INVESTASISteven Eric Lazuardi
Sekilas tentang Steven The Steven Eric Lazuardi adalah konsultan Hokiplus. Lahir di Jambi, 2 Januari 1975, Steven mendalami ilmu china kuno dari nenek dan orangtuanya.Ia beberapa kali tampil di televisi swasta.

Air Sebagai Sumber Hoki

Kompas.com - 21/02/2011, 16:54 WIB

oleh: The Steven Eric Lazuardi

Sektor properti banyak dipengaruhi sejumlah pengembang atau developer. Dalam pengembangan real estate, khususnya untuk perumahan sektor menengah ke bawah, air sebagai sumber hoki dalam kehidupan rumah tangga dan karir sering dilupakan.

Hal ini terjadi karena lahan yang dipergunakan untuk dijadikan perumahan bisa semaksimal mungkin. Kekurangan ini merupakan hal yang fatal dalam meningkatkan peruntungan rumah tangga dan karir.

Dalam lima elemen, Air menduduki posisi yang dominan sebagai lambang dalam sumber kehidupan. Selama pengalaman survei properti yang berada di banyak daerah di indonesia, saya melihat sektor properti perumahan menengah ke bawah terdapat banyak kekurangan, di antaranya adalah infrastruktur membangun kolam renang dan pancuran air.

Saya melihat banyak sekali perumahan menengah ke atas malah membangun infrastruktur tersebut. Ini merupakan perihal yang mendatangkan hoki di mana orang–orang yang kaya makin kaya.

Ilmu fengshui mengajarkan kepada kita bahwa sungai atau kali, serta lautan adalah daya pendorong yang harus benar–benar diperhatikan. Bisa dibayangkan, apabila kita kehabisan air, maka kehidupan ini akan berakhir.

Logika fengshui mengajarkan kita bahwa di dalam tanah tempat kita berpijak juga terdapat banyak air di dalamnya. Oleh karena itu sudah seyogyanya kita melirik real estate yang membuat infrastruktur air, seperti adanya pancuran air di gerbang pintu utama, tempat masuknya penghuni rumah selayaknya seperti perumahan–perumahan menengah ke atas.

Apabila real estate yang telah dibeli, dan kebetulan masih belum mempunyai kolam air, maka sebaiknya di setiap rumah yang kita tempati disediakan akuarium ikan, karena akuarium ikan terdapat aliran air dan dapat mendatangkan aliran hoki dalam rumah tangga dan karir.

Filosofi air sebagai wadah mendatangkan hoki di dalam sektor properti secara global telah dianut oleh sejumlah negara besar di dunia, seperti Amerika, China dan Jepang.

Salah satu air sebagai elemen dominan untuk mendatangkan hoki adalah maraknya penjualan ikan koi yang selalu laku keras sepanjang masa. Gemercik air telah diyakini oleh sejumlah orang sejak zaman dahulu kala sebagai obat menenangkan hati dan sumber inspirasi dalam membangun rumah tangga yang harmonis dan kejayaan dalam karir.

*) The Steven Eric Lazuardi, konsultan Hokiplus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
    Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

    Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

    • Baca semua berita tanpa iklan
    • Baca artikel tanpa pindah halaman
    • Akses lebih cepat
    • Akses membership dari berbagai platform
    Pilihan Tepat!
    Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
    Masuk untuk aktivasi
    atau
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
    atau