Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konstruksi Tol Cikampek-Palimanan Mulai April 2011

Kompas.com - 21/02/2011, 10:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Konstruksi pembangunan jalan tol Cikampek-Palimanan diperkirakan akan dimulai April tahun ini. Pembebasan lahannya sudah mencapai 92 persen. Kalau pun hingga bulan ini masih ada yang belum sepakat dengan harga atau masih ada tanah yang dalam sengketa, Maret nanti pemerintah akan menempuh cara konsinyasi di pengadilan.

Dirjen Bina Marga Djoko Murjanto mengatakan, masih ada sedikit kendala terkait pembebasan lahan karena adanya perubahan rute di daerah Ciwaringin. "Daerah ini melewati pesantren,"ujarnya. Tapi dia bilang, sekarang dalam proses pembebasan lahan. "Sekarang masih menunggu surat perintah pembebasan (SP2) dari gubernur," ujarnya akhir pekan lalu.

Dia optimistis keseluruhan proses pembebasan lahan ini akan tuntas pada bulan April. Nah, kalau pemebebasan lahan sudah kelar, maka proses pembangunan pun segera dilakukan. "Kita akan langsung melakukan land clearing (pembukaan lahan)," ujarnya.

Direktur Bina Teknis Ditjen Bina Marga, Suharto menambahkan sebetulnya konstruksinya sudah bisa mulai dilakukan karena pembebasan lahannya sudah di atas 75 persen. "Tetapi karena kontraktornya dari Malaysia, mereka minta menunggu sampai 100 persen baru mau memulai," ujarnya.

Selain karena ada yang tidak sepakat dengan ganti rugi, ada juga tanah yang masih dalam status sengketa. "Ada yang kememilikannya diklaim lebih dari satu orang,"ujarnya. (Petrus Dabu/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com