Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putri Mick Jagger Rancang Rumah Mewah di India

Kompas.com - 18/02/2011, 15:30 WIB

MUMBAI, KOMPAS.com - Jade Jagger, putri rocker Rolling Stones Mick Jagger bakal merancang rumah untuk proyek resident mewah di Mumbai. India sengaja menyewa desainer perumahan bertaraf internasional untuk merayu konsumen berkantong tebal.

Jade yang saat ini berusia 39 akan bekerja untuk Lodha Developers Ltd di proyek pinggiran timur laut Goregaon. Direktur John Hitchox mengatakan, Jade telah bermitra dengan desain perusahaannya yang berbasis di London yaitu Yoo Design Studio.

"India adalah kesempatan besar bagi kami," kata Hitchcox. Sebab, gaya hidup masyarakat India saat ini cenderung lebih ingin menonjolkan jati diri. Identitas sosial sangat penting bagi mereka yang berduit banyak. "Masyarakat India hidup dalam dunia selebriti massa," jelas Hitchocx.

Pengembang India merangkul desainer internasional untuk memikat pembeli setelah di akhir tahun 2010 penjualan rumah turun hingga 25 persen. Penurunan ini merupakan rekor yang dialami India. Oleh sebab itu, harga rumah di India selama enam bulan ke depan diperkirakan belum akan naik.

Broker lokal, IIFL Ltd mengatakan perusahaan real estate di Mumbai harus berani menggunting harga rumah untuk menghidupkan kembali penjualan yang lesu. Sebelumnya, bank menahan pengucuran kredit bagi para pengembang.

Yoo, yang merupakan perusahaan join venture antara pengusaha properti Hitchcox dan Philippe Starck desainer asal Prancis sudah merancang sebuah proyek perumahan premium Panchshil Realty di kota India barat Pune. Bahkan, miliuner AS Donald Trump sudah memasuki pasar properti India dengan membangun menara perumahan mewah di Mumbai.

Kekayaan masyarakat India melonjak Credit Suisse Group AG pada Oktober 2010, memprediksi kekayaan masyarakat India selama lima tahun ke depan akan membengkak bahkan menyentuh US$ 6,4 triliun.

"Minat konsumen premium perumahan India saat ini mulai bergeser ke selera bertaraf internasional dalam memilih tempat tinggal," ujar Anuj Puri, Direktur Chicago Jones Lang LaSalle Inc. unit India.

Menurutnya, pengembang tak punya pilihan lain kecuali mengikuti tren yang berkembang. "Kompetisi membangun tempat tinggal bermerek semakin ketat," tuturnya.

Sekadar informasi, Donald Trump Jr, putra Trump menjadi investor yang pertama kali masuk pasar properti Mumbai. Masyarakat India semakin banyak menggunakan desainer terkenal seperti Versace, Gucci dan Roberto Cavalli untuk merancang rumah mewah mereka. (Dyah Megasari/KONTAN/Bloomberg)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com