Lima Langkah "Green Building" Kuningan City - Kompas.com

Lima Langkah "Green Building" Kuningan City

Kompas.com - 02/02/2011, 11:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembang superblok Kuningan City telah mengadopsi lima langkah terkait konsep green building pada bangunannya.

Menurut Zaldy Wihardja, Senior Marketing Manajer PT. Arah Sejahtera Abadi, member dari Agung Podomoro Group, ketika ditemui Kompas.com di kantor Marketing Kuningan City, Senin (31/1/2011), pihaknya memaksimalkan ruang hijau dengan lima langkah yakni:

1. Menempatkan bangunan mundur (set back) 10 - 20 meter dari luas tanah superblok, dan menseting 7 - 8 meter untuk samping kanan dan kiri untuk lokasi penghijauan dan pedestrian. Di lantai 10 tower Denpasar Residence dihijaukan sepanjang jogging track sampai ke lapangan tenis.

2. Konsep water recycle, dimana pihak pengembang tak lagi mengandalkan air tanah untuk semua aktivitas misalnya menyiram tanaman. Pemakaian air kotor didaur ulang untuk penyiraman tanaman dan AC, namun pasokan air bersih tetap memakai air PAM.

3. Pengadaan kolam resapan, pengembang Kuningan City membangun sumur resapan yang letaknya memanjang di sekeliling bangunan superblok. Kolam resapan ini merupakan ketentuan dari pemerintah yang harus dipenuhi para pengembang di dalam proyek bangunannya. Kolam resapan ini berupa gorong-gorong yang akan menampung air hujan. Ketika air sudah penuh, air akan dialirkan ke kolam resapan dan dialirkan kembali ke air tanah.

4. Pemakian kaca reflectic glass, pemakaian kaca ini untuk memaksimalkan pemakaian Air Conditioner (AC). Dengan kaca buatan dalam negeri yang mengadopi teknologi Jepang ini, akan menyerap cahaya matahari namun tidak dipantulkan kembali. Kaca menyerap panas yang bisa mengurangi penggunaan AC.

5. Kuningan City bekerja sama dengan PT. Trane dalam pemakaian Air Conditioner (AC) yang lebih hemat energi. AC ini tidak lagi menggunakan sistem sentral, namun sistem seperate meter. Dalam beberapa unit, akan dipasang 3- 4 mesin, sehingga lebih efisien dan hemat energi. (Natalia Ririh)

EditorR Adhi KSP
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM