Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ElBaradei: Maju Terus Pantang Mundur

Kompas.com - 31/01/2011, 02:50 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Mohamed ElBaradei yang kini menjadi tokoh kepercayaan kelompok oposisi di Mesir berbaur dengan puluhan ribu demonstran yang memadati Lapangan Tahrir di Kairo, Minggu (30/1/2011) malam waktu setempat. Ia menyerukan kepada seluruh rakyat Mesir bahwa perjuangan untuk melengserkan Presiden Hosni Mubarak tidak dapat dihentikan lagi.

"Kalian telah mengambil lagi hak-hak Anda dan apa yang telah kita mulai tidak bisa mundur lagi," katanya. "Kita hanya butuh satu permintaan, berakhirnya rezim dan dimulainya era baru," katanya disambut riuh rendah dan nyanyian turunkan Mubarak. Ia meminta rakyat Mesir bersabar dan meyakinkan bahwa perubahan akan datang dalam beberapa hari ke depan.

Sebagian besar massa umumnya menyambut baik kemunculan ElBaradei sebagai tokoh alternatif. Di antara pendemo memang ada yang menolak ElBaradei untuk tampil di puncak politik Mesir dengan memasang poster, tetapi langsung diserang kelompok yang pro. Mantan Kepala Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) dan penerima Nobel Perdamaian itu memang selama ini lebih banyak menghabiskan waktunya di luar Mesir.

ElBaradei datang kembali ke Mesir, Kamis (27/1/2011) atau sehari sebelum unjuk rasa besar-besaran pecah di Mesir. Ia kemudian dipercaya kelompok-kelompok oposisi untuk melakukan negosiasi dengan Pemerintah Hosni Mubarak. Dalam pernyataannya yang disiarkan sejumlah stasiun televisi asing, ElBaradei menyerukan Mubarak untuk mundur secepatnya.

Ia juga mengkritik Pemerintah Amerika Serikat yang masih mempertahankan dukungan kepada Mubarak. Ia menyentil AS yang di satu sisi mendorong demokrasi di Mesir, tetapi di sisi lain masih mendukung diktator yang menekan rakyatnya selama 30 tahun. Menurutnya, Presiden AS Barack Obama harus mengambil tindakan tegas dan meminta Mubarak mengundurkan diri.

"Jangan sampai Obama jadi orang terakhir yang mengatakan kepada Mubarak, 'Ini waktunya buat Anda untuk mundur'," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com