Sabtu, 25 Oktober 2014
Sariawan Timbul karena Banyak Pikiran?
Sabtu, 29 Januari 2011 | 16:09 WIB
|
Share:
Shutter Stock
Ilustrasi

TANYA: Halo Dok...Saya mau bertanya, apa ada solusi untuk sariawan saya? Biasanya kalau saya sedang banyak masalah atau banyak pikiran dan kecapekan  sariawan saya langsung kambuh. 

Sariawan itu bisa muncul sampai 4-5 sariawan di mulut dan sembuhnya itu cukup memakan waktu yang cukup lama. Apa ada solusi untuk mengatasi ini, dan apakah pikiran bisa berpengaruh menimbulkan sariawan? Terima kasih.

Anindita Roseline, 19, Manado

JAWAB :

Mbak Anindita yang baik, sebenarnya tidak ada hubungan langsung antara adanya masalah (psikis) dan timbulnya sariawan. Hal-hal yang biasanya berhubungan langsung adalah higiene dan sanitasi rongga mulut yang kurang, antara lain gigi berlubang, akar gigi tertinggal, dan melukai dinding mulut, adanya gigi palsu yang tak terawat dengan baik, gigi yang dikawat, gigi yang di-crown atau kebersihan gigi yang tak dirawat. Semua hal tersebut dapat menyebabkan sariawan.

Selain hal yang berhubungan langsung, ada pula hal yang tidak berhubungan langsung, yaitu adanya asam lambung yang naik ke atas sampai ke rongga mulut (GERD=gastroesofageal reflux disease) yang menyebabkan iritasi dinding mulut, mengonsumsi obat-obat tertentu seperti antibiotika dalam jangka waktu lama, kemoterapi, dan steroid. Hal-hal itu menyebabkan flora normal mulut punah sehingga bisa menimbulkan jamur atau adanya daya tahan tubuh yang sangat rendah, bahkan penyakit tertentu bisa menyebabkan sariawan berulang.

Akan tetapi, jika memang Anda tidak mempunyai kelainan di atas, dan memang benar sariawan Anda timbul jika ada masalah, saya rasa obat tidak banyak membantu untuk mencegah timbulnya sariawan.

Saya rasa, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mencari penyebab sariawan berulang, sebelum memikirkan apakah sariawan Anda timbul hanya karena jika Anda ada masalah. Salam hangat untuk Anda. Semoga jawaban saya dapat membantu.


Editor :
Asep Candra