Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Kontraktor Berminat Tol Ungaran-Bawen

Kompas.com - 28/01/2011, 13:40 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com  - Kepala Dinas Bina Marga Jawa Tengah, Danang Atmojo mengungkapkan, 14 kontraktor tertarik melanjutkan pembangunan proyek jalan tol Semarang-Solo, rute Ungaran hingga Bawen, Kabupaten Semarang. "Sudah ada 14 kontraktor yang mendaftarkan diri untuk mengikuti lelang di Kementerian Pekerjaan Umum," kata Danang, di Semarang, Kamis.

Selain 14 kontraktor, lanjut dia, terdapat pula 18 konsultan proyek yang akan mengikuti lelang lanjutan proyek tol dengan panjang sekitar sembilan kilometer ini. Ia menuturkan, kontraktor pemenang lelang proyek lanjutan tol Semarang-Solo ini baru akan diketahui sekitar pertengahan Maret 2011 mendatang. "Dengan demikian, proyek baru akan dimulai pembangunannya pada April 2011," katanya.

Ia menjelaskan, pada rute kedua ini, kemungkinan juga akan dibagi menjadi tiga seksi. "Kemungkinan akan ada tiga kontraktor yang mengerjakan rute ini," tambahnya.

Menurut dia, hambatan dalam pengerjaan rute ini tidak akan jauh berbeda dibanding rute sebelumnya. Ia mengungkapkan, pada rute ini akan terpada sebuah jembatan yang akan diklaim sebagai jembatan di darat terpanjang di Indonesia. "Akan dibangun jembatan sepanjang 900 meter yang merupakan jembatan di darat terpanjang di Indonesia," katanya.

Ia manambahkan, untuk mendukung kelancaran pembangunan konstruksi rute ini, pembebasan lahan yang akan dilewati proyek tersebut telah mencapai sekitar 90 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com