Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciputra: Investasi BUMN Tower Rp 5 Triliun

Kompas.com - 28/01/2011, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ciputra Development, perusahaan properti yang berminat menggarap BUMN Tower mengusulkan biaya pembangunan berkisar Rp5 triliun.  "Mereka menyampaikan perkiraan nilai investasi sekitar Rp5 triliun. Sesuai dengan disain BUMN Tower yang akan terdiri atas 5 menara, satu menara sekitar Rp1 triliun," kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar, usai menerima konglomerat Ir. Ciputra, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis. 

Menurut Mustafa, pihak Ciputra sudah menyampaikan proposal dan desain gambar BUMN Tower yang mereka sebut Panca Menara sesuai dengan dasar negara kita, Pancasila. Akan tetapi diutarakan Mustafa, rencana pembangunan BUMN Tower itu masih dalam pembahasan dan masih menunggu respon dari berbagai pihak termasuk dari masyarakat.

Selain Ciputra Development, kelompok usaha Artha Graha juga tertarik membangun proyek tersebut. "Tommy Winata (taipan Artha Graha) baru menyampaikan maket (gambar), belum pada nilai investasi," katanya. 

Selain pihak swasta, tidak tertutup kemungkinan pemerintah juga akan melibatkan BUMN yang bergerak di sektor konstruksi untuk pembangunan proyek mercusuar tersebut. "Kita memiliki BUMN Karya yang punya kemampuan membangun gedung bertingkat," kata Mustafa.

Meski begitu Menteri belum dapat memastikan kapan pembangunan BUMN Tower tersebut karena masih menunggu tanggapan semua pihak dulu. "Ini baru sebatas ide dari saya. Tentu tetap harus menunggu respon sejumlah pihak," katanya.

Adapun lokasi BUMN Tower tersebut sedang dipertimbangkan menempati lahan seluas 14 hektare milik PT Rajawawali Nusantara Indonesia (Persero), atau bekas Markas Besar Angkatan Udara, kawasan Pancoran, Jakarta Selatan.

Terkait pendanaan, Mustafa menuturkan bisa disiasati dari sejumlah BUMN yang dikombinasikan dengan developer. "Yang pasti dananya tidak dari APBN. Bisa dari investasi pemilik lahan yang dapat dikonversi menjadi saham, ataupun dari pengembang yang menjadi investor dalam pembangunan itu," tegas Mustafa. Sebelumnya, Ir Ciputra menyatakan pihaknya sangat siap dilibatkan dalam pembangunan BUMN Tower tersebut.

Ia berpendapat, proyek BUMN merupakan pemikiran yang cemerlang dari Menteri BUMN untuk menyatukan kantor seluruh perusahaan milik negara. "Ide dari Pak Menteri, kami menuangkannya. BUMN Tower ini bisa menjadi ikon kota Indonesia dan menjadi gedung termegah di Asia Tenggara," ujar Ciputra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com