Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencahayaan Fasad, Tidak Sekadar Terang

Kompas.com - 20/01/2011, 19:55 WIB

KOMPAS.com - Semenarik apapun fasad sebuah rumah, saat malam tiba, tetap hanya akan tampak hitam karena gelap. Itulah sebabnya diperlukan pencahayaan, supaya saat malam pun rumah tetap tampil menarik.

Yang namanya pencahayaan fasad itu tidak sama dengan membuat rumah jadi terang benderang, ya . Terang hanya salah satu dari manfaat pencahayaan fasad. Itu sebabnya, diperlukan perencanaan matang untuk memperoleh pencahayaan yang baik dan benar, untuk tampilan muka rumah. Supaya tidak hanya terang, pun indah.

Permainan dowlight dan uplight membuat muka rumah jadi menarik. Tempatkan beberapa downlight untuk menerangi beberapa sudut secara general. Kemudian cari elemen-elemen yang ingin ditonjolkan dari fasad, tiang, beberapa tanaman, tak jarang pula ada yang ingin meng-highlight nomor rumah.

Untuk elemen-elemen tinggi menjulang, seperti tiang, penggunaan uplight jitu untuk membuatnya tampak lebih megah. Untuk membuat tanaman lebih menarik, tempatkan lampu sorot. Cahayanya akan memberikan kesan dramatis pada taman dan tanaman. Jika kebetulan rumah Anda memiliki jendela-jendela yang lebar, perhatikan juga pencahayaan di dalam rumah, karena cahayanya akan tampak dari luar.

Lampu dengan cahaya kekuningan lebih dianjurkan untuk fasad daripada putih. Cahaya kuning memberikan tampilan hangat dan elegan, cahaya putih membuat rumah tampil datar, terkesan hanya sekadar terang. Ingin menambahkan lampu berwarna lain, boleh saja. Asal sesuai dengan gaya tampilan rumah dan jangan gunakan terlalu banyak warna, salah-salah rumah Anda dikira taman bermain.Selamat merancang pencahayaan fasad! (Anissa Q. Aini/iDEA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com