Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kredit Macet Bank Spanyol Tertinggi

Kompas.com - 19/01/2011, 11:56 WIB

MADRID, KOMPAS.com - Rasio kredit macet (non-performing loans) bank Spanyol meningkat pada November ke level tertinggi sejak Januari 1996, data resmi menunjukkan Selasa, karena kerugian yang berhubungan dengan properti membebani neraca pemberi pinjaman.

Jumlah kredit macet yang dimiliki oleh bank meningkat menjadi 104,78 miliar euro (140,50 miliar dollar AS) untuk rasio kredit macet terhadap total kredit sebesar 5,68 persen, naik dari 5,66 persen pada Oktober dan 4,98 persen pada Oktober 2009, Bank Sentral Spanyol mengatakan.

Pemberi pinjaman Spanyol, terutama bank-bank tabungan daerah yang mencatat sekitar setengah dari semua kredit di negeri ini, telah sangat terkena kredit macet sejak runtuhnya sektor properti pada akhir 2008.

Bulan lalu lembaga pemeringkat kredit Moody`s mengeluarkan pandangan negatif terhadap bank-bank Spanyol dan memperingatkan bahwa total kerugian ekonomi bisa mencapai 176 miliar euro.

Ia mengatakan, pihaknya mempertahankan pandangan negatif untuk 12-18 bulan ke depan karena pihaknya memperkirakan modal , keuntungan dan akses keuangan bank Spanyol tetap lemah.

Putusan itu terjadi saat Spanyol bertempur untuk meyakinkan pasar keuangan dan tidak ada alasan untuk takut pihaknya akan memerlukan sebuah gaya ekonomi Irlandia danpenyelamatan perbankan.

Semua delapan bank besar Spanyol lulus uji ketahanan bank (stress test) Uni Eropa yang dilakukan pada Juli pada kemampuan mereka untuk menghadapi krisis, tetapi lima dari 19 pemberi pinjaman daerah gagal.

Pasar telah meragukan hasil tes, yang memberikan lulus ke bank yang diselamatkan Allied Irish Banks dan Bank of Ireland, dengan para pemimpin Eropa Selasa menjanjikan pengujian lebih ketat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com