Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga yang Punya Rekening Bank Rendah

Kompas.com - 18/01/2011, 08:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Masyarakat Indonesia yang memliki tabungan di bank masih terbilang rendah. Setidaknya hal itu terungkap dari Consumer Survey Credit Suisse yang dilansir Senin (17/1/2011).

Dalam survei tersebut, dari 1.559 responden di sepuluh kota di Indonesia, hanya 37 persen responden yang mengaku memiliki rekening di bank. Meskipun demikian, Head of Research Credit Suisse Indonesia Arief Wana mengungkapkan, angka pertumbuhan rekening tabungan di Indonesia sebetulnya meningkat hingga 15-20 persen selama kurun sepuluh tahun terakhir.

"Namun, tetap saja kurang dari 40 persen masyarakat Indonesia yang memiliki rekening di bank. Salah satu alasannya, banyak orang yang tidak punya cukup uang untuk disimpan di bank,” ujar Arief.

Berkaca pada kondisi tersebut, Arief menilai sektor perbankan masih memiliki ruang yang lebar untuk berkembang. Hal ini seiring dengan potensi tumbuhnya pendapatan masyarakat sebagaimana keyakinan konsumen yang meningkat.

Menurut Arief, jumlah rekening bank di Indonesia akan bertambah secara konsisten dalam 5-10 tahun mendatang. Namun, Arief belum dapat menyebut berapa potensi pertumbuhan yang bisa terjadi.

Selain di Indonesia, Credit Suisse juga melakukan survei di China, India, Brazil, dan Arab Saudi. Merujuk survei tersebut, terdapat perbedaan struktural yang substansial pada budaya menabung di seluruh negara berkembang yang menjadi lokasi survei.

China dan India menunjukkan budaya menabung yang kuat. Sementara di Brazil, masyarakat cenderung lebih memilih belanja dibandingkan menabung. (Astri Karina Bangun/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com