Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teras Papan Kayu Pengganti Taman Rumput

Kompas.com - 06/01/2011, 16:33 WIB

KOMPAS.com - Dari teras kayu ini, Anda dapat memandang seluruh taman dan menyaksikan keindahan tanaman bunga.

Masalah rumput rusak dan tak tumbuh subur banyak dialami oleh pemilik taman rumahan. Gara-gara hal itu, taman menjadi tak indah dan tak sedap dinikmati.

Keindahan taman di rumah Mohammad Mediantara pada foto tidak muncul begitu saja. Dulu kondisi tamannya begitu merana. Baru saja rumput ditanam, beberapa minggu kemudian mengering dan mati pertahan. Pun jenis tanaman bunga yang gugur sebelum tumbuh dan berkembang.

Gara-garanya antara lain saat hujan air menggenang di atas rumput. Rumput pun jadi busuk. Pas musim panas, rumput yang tadi lembap tersorot matahari. Dan, langsung mengering,

Penyebab rumput kering juga karena kondisi tanah yang buruk. Di bawah tanah, terdapat puing bangunan sisa renovasi rumah. Boleh dibilang, kondisi tanah tidak begitu “sehat”. Untuk membuat tanah sehat kembali, tentu tanah harus diolah. Puing-puing harus diangkat dan dibuang dari dalam tanah. Tanah baru yang "sehat" harus ditimbunkan ke atasnya, dan taman bisa mulai dibuat.

Proses pengolahan tanah seperti di atas, kata pemilik rumah, agak merepotkan. Karenanya, mereka kemudian membangun teras dari papan kayu di atas lokasi itu. Di atas tanah yang berisi puing, mereka membangun teras dari papan kayu Bangkirai yang tahan cuaca.

Bilah papan itu disusun rapi dan ditumpuk di atas rangka balok kayu. Setelah dipasang rapi, papan dicoating dengan melamin. Coating membuat kayu lebih tahan lama. Warna tetap indah, kualitas kayu pun tak berubah. (M Indra Sukma/iDEA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com