Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentul City Bangun Jalur Khusus Sepeda

Kompas.com - 29/12/2010, 22:42 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Sentul City tengah membangun jalur khusus bersepeda di jalan utama kawasan dan jalan utama klaster-klasternya. Pengerjaan jalur tersebut sudah dilakukan sejak dua hari lalu. Saat ini juga tengah disurvai jalan untuk jalur sepeda ekstrem untuk penggemar bersepeda cross country.  

Direktur Perencanaan Pengembangan Sentul City Andrian Budiutama, Rabu menjelaskan, bersamaan dengan peningkatan jalan-jalan utama kawasan, memang sekaligus dibuat jalur bersepeda. Sekarang ini marka-marka jalur sepeda sedang dikerjakan di Jalan Thamrin dari depan kantor pemasaran kami sampai gerbang utama kawasan perumahan, kurang lebih sepanjang 20 kilometer kiri kanan jalan katanya.  

Ia menjelaskan, jalur sepeda itu akan dibuat sampai masuk jalan utama kawasan perumahan dan jalan utama di klaster-klaster-nya. Tujuan pembuatan jalur sepeda ini agar semua pengguna jalan dapat nyaman dan aman saat melintas.  

"Warga masyarakat penggemar sepeda makin banyak yang bersepeda di jalan-jalan Sentul City. Nanti jalur sepeda ini sampai ke klaster Habiture. Berkaitan dengan ini juga, peningkatan jalan, selain berupa pengaspalan ulang, juga ada yang akan dilebarkan," katanya.  

Andrian menambahkan, Sentul City memang akan mengembangkan bike ride park yang terintegrasi dengan eco park, yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan.  

Selain tengah dibuat jalur sepeda di jalan raya, jalur sepeda ekstrem down hill sudah ada. Namun memang tidak terlalu dipublikasikan ke masyarakat karena jalurnya masuk ke klaster pemukiman, yaitu diklaster Taman Venesia. Panjang jalurnya sekitar 1,2 kilometer, dengan sejumlah rintangan.   

"Kalau yang akan mengunakannya rombongan atau untuk pertandingan, silakan menghubungi kami di Taman Budaya. Kalau cuma satu dua orang, memang agak sulit diizinkan untuk menggunakannya karena menyangkut keamanan," kata Edo Marbun dari Taman Budaya Sentul City. (Ratih Prahesti Sudarsono)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com