Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batam Bangun 350 Rusunawa

Kompas.com - 20/12/2010, 17:00 WIB

BATAM, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau akan membangun 350 "twin block" rumah susun sederhana sewa untuk pekerja hingga tahun 2020.

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, Minggu, mengatakan, hingga 2010, Pemkot Batam membangun 66 twin block dan akan terus membangun hingga target 350 twin block tercapai pada tahun 2020. Ditanya mengenai rencana pembangunan rusunawa pada tahun anggaran 2011, ia mengatakan, masih dalam pembahasan Pemkot dengan DPRD.

Pembangunan Rusunawa, kata dia, tidak dilakukan sendirian oleh Pemkot tetapi bekerja sama dengan pemerintah provinsi, Jamsostek, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Batam, Kementerian Perumahan dan pihak terkait lain.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika mengatakan Pemkot Batam berkomitmen membangun hunian layak untuk warga Batam yang sebagian besar adalah pekerja. "Komitmen itu terbukti dengan penghargaan yang diterima Pemkot Batam dari pemerintah pusat," kata Ria.

Kota Batam selama dua tahun berturut pada 2008 dan 2009 mendapatkan anugerah Adi Upaya Wuri Utama sebagai kota terbaik dalam pembangunan perumahan hunian untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah.

Di tempat yang sama, Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani mengatakan pemerintah provinsi terus menyokong pembangunan hunian di Batam untuk kesejahteraan pekerja. Selain rusunawa, ia mengatakan, Pemprov juga membantu pengadaan bus pekerja. "Kami membantu agar biaya hidup pekerja semakin kecil sehingga mereka lebih sejahtera," kata dia.

Pemprov juga akan menyalurkan dana Rp4 miliar untuk koperasi yang diharapkan dapat menambah kesejahteraan pekerja. "Dana Rp4 miliar itu untuk seluruh koperasi. Namun, bila serikat pekerja ingin membuat koperasi, akan kami bantu," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com