Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah dan Atasi Atap Bocor

Kompas.com - 16/12/2010, 15:01 WIB

KOMPAS.com - Pelapis kedap air dapat mencegah atap bocor atau rembes. Bahan ini juga dapat dipergunakan pada dinding dan lantai.

Musim hujan belum juga berakhir. Sementara tetes-tetes air hujan mungkin telah merembes melalui atap. Upaya mengganti atap dengan yang baru, mungkin belum bisa dilakukan dengan leluasa. Pasalnya, awan dan hujan masih terus mengintip. 

Jika kondisi tadi ditemukan pada rumah, coba lakukan siasat-siasat sederhana. Untuk sementara, perbaiki bagian atap yang bocor atau rembes dulu. Periksalah bagian-bagian ini:

* Bahan dasar dan finishing yang dipergunakan pada atap. Adakah keretakan, lubang, atau kerusakan. 

* Sambungan drainase (talang dan sistem pembuangan air secara keseluruhan).

Retakan atau lubang pada atap/genteng beton misalnya, dapat ditutup dengan semen atau pelapis antibocor seperti MU-600 atau Aquaproof. Kedua bahan ini dapat diaplikasikan secara sederhana mirip dengan cara mengecat tembok menggunakan kuas. Jika karpet talang bolong, bahan pelapis bocor juga dapat dipergunakan untuk obat sementara. Lapiskan bahan ke bagian talang yang bocor. 

Jika ada drainase yang tersumbat kotoran atau daun, segeralah bersihkan agar aliran air lancar. Bila perlu, periksa juga pipa salurannya, terlebih pada area sambungan. Andaikan terdapat sambungan yang lepas, maka satukan kembali. Jika saluran itu dari pipa pvc, maka gunakan lem pvc untuk menyambungkannya.  (Rasantika M. Seta/iDEA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com