Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agung Podomoro Targetkan Pertumbuhan 13-14 Persen

Kompas.com - 15/12/2010, 12:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Agung Podomoro Group menargetkan pertumbuhan properti sebesar 13 persen - 14 persen pada tahun 2011. Target ini lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan tahun 2010 yang sebesar 11 persen.

Indra W Antono, Direktur Pemasaran Agung Podomoro Group menyebut, peluang pertumbuhan tersebut didukung situasi ekonomi makro, juga suku bunga untuk tahun depan yang diperkirakan masih mendukung.Selain itu kebutuhan untuk tempat tinggal di Jakarta masih tinggi. Sedangkan, di beberapa daerah kebutuhan area komersial juga tinggi.

Untuk pengembangan usaha, Agung Podomoro sudah menyiapkan 35 persen dari total capital expenditure (Capex) sebesar Rp 1,5 triliun, atau jika dihitung sebesar Rp 525 miliar. Rencananya Agung Podomoro siap mengembangkan usahanya ke beberapa daerah. Wilayah yang disasar pada tahun 2011 yaitu Cirebon dan Pekan Baru (Riau).

Indra menegaskan, di daerah tersebut rencananya akan dibangun area komersial berupa mal dengan konsep edutaiment dan entertaiment. “Di daerah tersebut belum ada mal dengan konsep seperti itu,” katanya.

Sayang, dia masih belum bisa menjelaskan detil proyek dan anggaran untuk rencana tersebut. Sebab dia bilang untuk mendirikan mal, di wilayah tersebut Agung Podomoro masih mencari rekan usaha. Meski demikian, menurutnya akan ada pembangunan baru di tahun 2011. Selain rencana pembanguanan area komersial di beberapa daerah, Agung podomoro juga masih fokus dengan pembangunan tempat tinggal di Jakarta.

Adapun, sebesar 31,7 persen dari Capex akan digunakan untuk menyelesaikan pembangun yang belum selesai. Misalnya seperti Kuningan City yang merupakan superblok seluas 3,6 hektare (ha) dengan luas bangunan 384.000 m2. Proyek ini nilai investasinya Rp 2,2 triliun, terdiri dari dua menara apartemen Denpasar Residence setinggi 42 lantai.

Sedangkan, sisa Capex sebesar 33,33 persen digunakan untuk membayar pinjaman. Namun Indra tak menyebutkan pinjaman mana saja yang akan dilkembalikan tahun depan. (Raka Mahesa W/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com