Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamar Anak dengan Ruang Bermain di Dalamnya

Kompas.com - 11/12/2010, 16:41 WIB

KOMPAS.com - Anak membutuhkan tempat bermain yang menyenangkan, bersih, aman, dan nyaman. Kamar anak menjadi salah satu tempat yang cocok untuk mewadahi kegiatan itu. 

Sebagai orang tua, Anda tentu ingin si kecil betah berada di rumah bukan? Nah, salah satu solusinya adalah dengan menghadirkan ruang bermain. Ruang ini tidak perlu besar, yang penting organisasi ruangnya teratur, agar anak leluasa dan nyaman beraktivitas, sekaligus dapat menyimpan seluruh perlengkapan bermainnya.

Meski begitu, ada beberapa hal yang patut diperhatikan ketika membangun area  bermain untuk anak. Simak beberapa hal berikut:

  1. Keamanan. Anak kecil gemar menyentuh barang yang ada di sekitarnya. Untuk itu, jauhkan perabot elektronik dan benda-benda tajam dari jangkauannya. Lalu jika ruang bermain terletak di lantai atas, beri pagar pembatas untuk menghindari bahaya terjatuhnya si kecil.
  2. Kebersihan tempat. Pasang beberapa buah jendela untuk memutar udara di dalam ruangan, serta memasukkan cahaya matahari. Jangan terlalu sering membiarkan anak bermain di ruangan ber-AC. Bersihkan ruangan secara rutin, agar anak tak mudah sakit.
  3. Material yang aman. Material disini adalah penutup lantai dan tembok. Untuk lantai, lapisi dengan karpet tebal yang lembut, atau karpet plastik bergambar binatang atau angka untuk merangsang imajinasinya. Untuk tembok, karena si kecil masih gemar berekspresi melalui coretan dan gambar, maka pilih pelapis dinding yang mudah dibersihkan.
  4. Furnitur ringan. Biarkan si kecil bereksplorasi dengan benda-benda disekitarnya, termasuk bangku dan meja. Maka dari itu, pilih furnitur dari bahan plastik yang ringan diangkat. Selain memudahkan anak untuk memindahkan, juga tak akan melukai saat bangku itu jatuh ke kakinya. Pilihan furnitur warna warni memberikan suasana ceria pada ruang bermainnya.
  5. Kotak penyimpanan. Sediakan kotak atau lemari penyimpanan yang cukup untuk menampung seluruh mainan dan perabot anak. Simpan mainan yang sering digunakan pada laci bagian bawah, agar ia mudah mengambilnya saat diperlukan.
  6. Bermainlah dengan warna  dan aksesori di ruangan anak. Warna kontras yang cerah mampu merangsang imajinasinya dan membangun suasana ceria di dalamnya. Misalnya, wallpaper  bergambar tokoh kartun favoritnya, atau gambar langit warna biru cerah di plafonnya.  (Astri Diana/iDEA)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com