Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Manado-Bitung Mulai Dibangun 2011

Kompas.com - 07/12/2010, 20:20 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Pembangunan jalan tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara, dengan anggaran sekitar Rp2 triliun akan dimulai 2011.

"Proyek jalan tol dengan panjang 37 kilometer itu menggunakan dana APBN dan ditender langsung oleh pemerintah pusat," kata Asisten II bidang Pembangunan Pemprov Sulut Alex Wowor, di Manado, Selasa.

Pembangunan jalan tol yang mengambil titik nol dari Manado itu akan melewati Kabupaten Minahasa Utara dan berakhir di Kota Bitung yang dikenal dengan pelabuhan laut internasional.

Sementara itu, kata dia, biaya pembebasan lahan juga telah dianggarkan Pemprov Sulut sekitar Rp20 miliar, kemudian ditanggung bersama dengan pemerintah Minahasa Utara, Bitung, Manado dan APBN. "Total biaya pembebasan lahan mencapai Rp200 miliar dan sudah disosialisasikan kepada masyarakat," ujarnya.

Ketua Komisi III DPRD Sulut Sherpa Manembu mengatakan, proyek jalan tol tersebut harus didukung oleh semua pihak, karena menyangkut kepentingan umum. "Selain masyarakat memiliki jalur transportasi yang memadai, juga bisa meningkatkan dan menggairahkan kegiatan ekonomi di daerah," katanya.

Apalagi Manado dan Bitung telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang membutuhkan banyak infrastruktur pendukung, sehingga benar-benar kegiatan perekonomian bergairah dan berdampak signifikan untuk kesejahteraan rakyat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com