Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cahaya, Kunci Sukses Meluaskan Ruang Makan

Kompas.com - 26/11/2010, 17:10 WIB

KOMPAS.com - Duduk di kursi yang nyaman, seolah makan di restoran terkenal. Sensasi cahaya dan motif bunga di kain yang lembut menjadikan makan di sini lebih terasa akrab dan nyaman

Menciptakan ruang yang nyaman bisa jadi salah satu cara menjaga kebahagiaan di dalam rumah. Di sisi lain, kita tentunya sadar bahwa menjaga lebih susah daripada mendapatkannya.

Julianto Jap, arsitek dan desainer MGAdesign, yang mendesain unit contoh apartemen Mapple Park ini mengatakan bahwa desainnya adalah minimalis. Desain minimalis  ini diberi sentuhan kontemporer, dengan sentuhan floral, efek cahaya, dan permainan kombinasi material kaca, kain, dan kayu.

Sentuhan ini membuat desain juga terlihat dinamis. Salah satu contoh kesan dinamis yang didapat adalah pada kursi makannya yang bergaya resto. Kursi  fix yang relatif besar tidak bisa digerakkan, namun tetap nyaman diduduki dan dipandang.

Satu set meja makan dan dua sofa yang berhadapan mengambil ruang hingga 150cmx150cm. Ruang ini memang kecil, tapi hebatnya, Julianto bisa menyulapnya hingga terlihat terang dan terasa lebar.

Rahasianya antara lain adalah pemanfaatan efek cahaya di belakang kursi, sehingga dibelakang kursi yang menempel seolah ada ruang. Selain itu warna terang dan gelap dipadu seimbang dengan aksen floral yang mengunci komposisi hingga menjadi sebuah furnitur yang cantik. (Indra Zaka Permana/iDEA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com