Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulut Anggarkan Rp 20 Miliar Bebaskan Lahan Tol Manado-Bitung

Kompas.com - 17/11/2010, 15:47 WIB

MANADO, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara hanya akan mengalokasikan anggaran Rp 20 miliar melalui APBD 2011, untuk biaya ganti rugi lahan pembangunan jalan tol Manado-Bitung.

"Anggaran ganti rugi jalan tol mencapai Rp 300 miliar, sementara Pemprov Sulut hanya menyediakan Rp 15-Rp 20 miliar," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulut JE Kenap di Manado, Selasa (16/11/2010).

Ganti rugi lahan milik warga yang akan melintasi pembangunan megaproyek Rp 1,3 triliun itu juga bersumber dari APBN, Pemerintah Kota Manado, Kota Bitung, dan Kabupaten Minahasa Utara.

Menurutnya, pembebasan lahan untuk pelebaran jalan tol itu akan segera dimulai dengan luas 5-10 meter. "Anggaran dari Pemprov Sulut sudah dialokasikan dalam rancangan APBD 2011, dan menunggu pembahasan ulang dengan DPRD setempat," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Sulut SH Sarundajang mengharapkan agar warga tidak mempersulit pembebasan lahan pembangunan jalan tol Manado-Bitung karena memiliki manfaat besar bagi kepentingan umum di daerah. "Pembangunan jalan tol Manado-Bitung sendiri akan dikerjakan pada 2011 melalui dana APBN," kata Sarundajang.

Menurut dia, kondisi jalan Manado-Bitung saat ini sangat mengkhawatirkan seiring dengan kemacetan luar biasa terjadi di jalur jalan tersebut. "Biasanya kita ke Bitung hanya setengah jam, tapi sekarang membutuhkan dua jam baru sampai ke tujuan," katanya.

Apalagi, Kota Bitung merupakan daerah sentra industri akan tertopang ketika infrastruktur itu dibangun, kemudian turut mewujudkan program nasional Sulut sebagai pintu gerbang ekonomi Asia Pasifik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com