Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa BSD Master Plan Perkotaan Terbaik?

Kompas.com - 13/11/2010, 17:18 WIB

oleh Robert Adhi Ksp

Kota Mandiri Bumi Serpong Damai atau sering disebut dengan nama BSD meraih penghargaan Master Plan terbaik dalam FIABCI Indonesia - BNI Prix d'Excellence Awards 2010. Penghargaan itu diserahkan dalam rangkaian acara Munas ke-13 REI 2010 belum lama ini. Setelah mencapai penghargaan di Indonesia, BSD bakal ikut berkompetisi di FIABCI tingkat dunia tahun 2011.

Master Plan dan township seperti apa yang membuat BSD mencapai penghargaan real estat bergengsi di Indonesia ini? Direktur BSD Ignesjz Kemalawarta mengatakan semua persyaratan yang menjadi ukuran dewan juri, dipenuhi oleh BSD, mulai dari luas kota, populasi, kelengkapan kota, infrastruktur sampai kehidupan kota.

Embrio kota mandiri BSD ini sudah terbentuk seluas 1.300 hektar, dan masih ada lahan seluas 4.700 hektar lagi yang akan dikembangkan hingga tahun 2035 mendatang.

BSD memang berbeda dengan perumahan skala kecil dan sedang yang dikembangkan sejumlah pengembang. BSD serius mempersiapkan diri menjadi kota mandiri secara sungguh-sungguh, mulai dari akses jalan tol, stasiun kereta api, sampai jalan regional yang dibangun lebar-lebar dan lengkap dengan trotoarnya. Di kawasan CBD dan perumahan klaster terbaru, tempat pejalan kaki mulai disediakan.

Selain membangun jalan penghubung antara BSD dan Gading Serpong yang dijadwalkan selesai Maret 2011, BSD juga membangun baru Stasiun KA Cisauk yang dilengkapi dengan pertokoan dan gedung parkir kendaraan 6 lantai. Tampaknya ini mengantipasi perkembangan baru karena di Cisauk akan dibangun kampus baru Universitas Katolik Atmajaya di lahan seluas 20 hektar.

BSD mengembangkan semua aspek perkotaan yang dibutuhkan secara serentak, mulai dari perumahan sederhana, menengah, menengah atas, sampai fasilitas pendidikan dan kawasan industri dan pergudangan yang menciptakan lapangan kerja. Fasilitas-fasilitas ini dibangun secara bersamaan.

Fasilitas seperti pasar modern dan pusat jajan kaki lima menyemarakkan kehidupan kota di BSD. Kehidupan di BSD juga makin berkembang. Puluhan komunitas tumbuh di kota ini, mulai dari komunitas milis sampai komunitas penggemar musik jazz (Jajan Jazz).

BSD memperhatikan keseimbangan antara produk bangunan fisik dan lingkungan hijau. Saat ini BSD memiliki dua taman kota masing-masing seluas 2,5 hektar dan 9 hektar yang dikunjungi warga yang ingin meningkatkan kualitas hidup dengan berolah raga. BSD juga membangun 9 danau buatan, memiliki sistem drainase dan septic tank yang baik, dan sumur-sumur biopori di perumahan.

Beberapa tahun terakhir ini, di BSD juga dibangun gedung ramah lingkungan, seperti Sekolah Internasional Jerman atau DIS yang menggunakan panel surya untuk energi dan Gedung BCA menggunakan double glass. Grup Sinar Mas sedang membangun gedung ramah lingkungan Sinar Mas Land 6 lantai dengan dua menara di kawasan Green Office Building. Gedung ini akan menjadi kantor pusat BSD dan Duta Pertiwi. Bangunan ramah lingkungan ini akan di-rating oleh Green Building Council.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com