Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Felix Hariyanto: Konsep Kuat, Investasi Properti Bagus

Kompas.com - 08/11/2010, 05:04 WIB

KOMPAS.com — Felix Hariyanto (42), pengusaha properti asal Jawa Timur, ini sukses mengembangkan bisnis properti di Surabaya dan Bali.

Dalam percakapan dengan Kompas.com di Hotel PopHarris, Denpasar, Bali, Minggu (7/11/10) malam, Felix mengatakan, dia optimistis investasi properti di Bali tetap menguntungkan asalkan konsepnya kuat.

Lahir di Mojokerto, 42 tahun lalu, Felix alumnus Sekolah Tinggi Teknik Surabaya tahun 1985 pada awalnya terjun di dunia bisnis tekstil. Jeli melihat peluang, Felix kemudian beralih ke properti. Dan ternyata bisnis properti menjadi bisnis utamanya saat ini. Felix pindah ke Bali sejak tahun 1987 lalu.

Berikut ini wawancara Robert Adhi Ksp dari Kompas.com dengan Felix Hariyanto, pemilik Hotel Harris Kuta Riverview dan PopHarris Teuku Umar Denpasar, serta perumahan Green Load Sambanda di daerah Tanah Lot, Bali, serta apartemen Highpoint di Surabaya.

Sejak kapan Anda terjun di dunia bisnis properti? Tiga tahun lalu, saya mulai dengan membangun 200 unit rumah menengah atas di Perumahan Green Load Sambanda, dekat Tanah Lot. Semuanya sudah habis terjual.

Saya juga membangun apartemen mahasiswa High Point di Siwalan, dekat Universitas Petra Surabaya. Dari 340 unit apartemen, 85 persen sudah terjual habis.

Lalu Anda kini beralih ke bisnis perhotelan. Mengapa? Awalnya saya diperkenalkan dengan Marc Steinmeyer, Presiden Direktur Tauzia Management, oleh famili saya. Lalu kami berdiskusi. Ternyata saya cocok dengan pemikiran Marc yang simpel dan fleksibel. Banyak yang bisa dikompromikan dengan Marc.

Lalu Anda membangun Hotel Harris di Bali? Karena saya cocok dengan konsep yang diajukan Marc, akhirnya saya pilih bekerja sama dengan Tauzia Management.

Hotel Harris Kuta Riverview dibangun di lahan seluas 8.000 meter persegi dengan nilai investasi senilai Rp 85 miliar, mulai beroperasi akhir tahun 2008, dan kini tingkat huniannya sudah 80 persen. Menurut saya, untuk hotel yang baru beroperasi lebih dari satu tahun, ini luar biasa.

Dan ketika Marc bilang Tauzia akan bangun hotel bintang dua, PopHarris di Bali, saya menjadi investor pertama yang bekerja sama dengan Tauzia membangun PopHarris di Jalan Teuku Umar, Denpasar, Bali. Sukses Harris Kuta Riverview membuat saya makin percaya diri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com