Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Tol Dibangun di Palembang

Kompas.com - 23/10/2010, 07:51 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com  — Investor dari Malaysia, UEM, akan membangun Jalan Tol Betung-Palembang, Palembang-Jakabaring, dan Jakabaring-Indralaya sehingga bisa memperlancar arus kendaraan di jalur tersebut.

"Rencananya, dalam waktu dekat dilakukan head of agreement (HOA) antara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan UEM," kata Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin di Palembang, Jumat. 

Menurut dia, Jalan Tol Betung ke Alang-alang Lebar, Palembang, yang akan dibangun itu sepanjang 58 kilometer. Kemudian Alang-alang Lebar ke Jakabaring sepanjang 18 kilometer, sedangkan Jakabaring ke Indralaya 37 kilometer.

Ia mengatakan, pembangunan jalan tol tersebut tentunya tidak bisa terkejar sebelum pelaksanaan SEA Games XXVI tahun 2011 karena paling tidak dua atau tiga tahun ke depan.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Sumatera Selatan Iskandar Syamwell mengatakan, jalan Betung-Palembang itu merupakan jalan negara ditanggung Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), jadi di bawah PU Balai Besar yang statusnya pegawai pusat. "Akan tetapi, karena membangun di Sumatera Selatan, maka ada hak kami untuk mengawasi kebenarannya," ujar wakil rakyat itu.

Kalaupun ada investor itu disetujui pusat dan penawarannya lewat daerah.  "Kami juga harus melihat, kalaupun ada investor yang masuk kami tahu dari mana investornya dan apa keuntungannya buat Sumatera Selatan," kata politisi dari Partai Golkar itu.

Ia menyatakan, dalam waktu dekat akan memanggil pihak balai besar terkait dengan pembangunan sejumlah ruas jalan negara di daerah Sumatera Selatan. Nanti, setelah pembahasan anggaran APBD Sumatera Selatan tahun 2011 selesai, pihaknya akan memanggil balai besar, katanya tanpa menyebut kapan pemanggilan dilaksanakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com