Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMD DKI Ikut Lelang Jalan Tol Semanan-Bekasi Raya

Kompas.com - 19/08/2010, 17:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsorsium BUMD milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan ikut pelelangan proyek pembangunan dan pengelolaan jalan tol di ruas Semanan-Sunter dan Sunter-Bekasi Raya pada akhir 2010. Konsorsium BUMD terdiri atas PT Jakarta Propertindo dan Pembangunan Jaya Group.

"Konsorsium BUMD itu menggalang dana sendiri dan bukan dari Pemprov DKI. Namun, konsorsium BUMD mendapat keuntungan sebagai pemrakarsa proyek, yang biasanya mendapat penilaian lebih," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Kamis (19/8).

Ruas jalan tol Semanan-Sunter dan Sunter-Bekasi Raya akan dilelang sebagai satu paket pembangunan dan pengelolaan. Kedua ruas jalan tol itu memiliki panjang 28,88 kilometer dan perkiraan investasi yang dibutuhkan mencapai Rp 17,13 triliun.

Untuk memudahkan proses konstruksi, pembangunan kedua ruas jalan tol itu akan dibagi dalam beberapa seksi . Seksi pertama yang akan dibangun pada awal 2011 adalah Semanan-Pedongkelan sepanjang 7,5 kilometer. Pembangunan jalan tol di seksi itu diperkirakan membutuhkan dana sekitar Rp 5 triliun. (Emilius Caesar Alexey)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com