Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Enam Jalan Tol di Jakarta Dimulai Tahun 2011

Kompas.com - 19/08/2010, 17:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -   Setelah tertunda selama beberapa tahun, pembangunan enam ruas jalan tol di Jakarta akhirnya bakal segera dimulai. Lelang pembangunan dan pengelolaan ruas jalan tol Semanan-Sunter dan Sunter-Bekas i Raya digelar akhir tahun 2010 dan pembangunan fisiknya awal tahun 2011.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Kamis (19/8) di Balaikota DKI Jakarta, mengatakan, pembangunan jalan tol yang menghubungkan kawasan barat dan timur Jakarta diprioritaskan pada urutan pertama . Jalan tol itu diperlukan untuk mengurangi beban lalu lintas pada jalan tol dalam kota.

Pengendara dari Sumatera ke Jawa Tengah atau Jawa Timur, atau sebaliknya, tidak perlu masuk ke jalan tol dalam kota. Mereka dapat masuk ke jalan tol Semanan-Bekasi Raya.

Jalan tol itu menguntungkan pengendara karena jauh lebih lancar dibanding jalan tol dalam kota. Di sisi lain, beban lalu lintas jalan tol dalam kota juga berkurang sehingga tidak ada kemacetan yang meluber ke jalan arteri di sisi jalan tol.

Ruas jalan tol Semanan-Sunter dan Sunter-Bekasi Raya akan dilelang sebagai satu paket pembangunan dan pengelolaan. Kedua ruas jalan tol itu memiliki panjang 28,88 kilometer dan perkiraan investasi yang dibutuhkan mencapai Rp 17,13 triliun. (Emilius Caesar Alexey)

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com