Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah, Monorel Baru Dibangun Tiga Tahun Lagi

Kompas.com - 12/08/2010, 14:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembangunan proyek monorel masih lama. Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan, pembangunan itu akan berjalan tiga tahun lagi.

Sejauh ini, Freddy mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah berkoordinasi dengan pihaknya. Namun, dia mengaku belum ada keputusan menyangkut soal pendanaan dan lainnya hingga saat ini. "Yang jelas, baru ada pembicaraan bahwa Pemprov DKI akan melanjutkan kembali," kata Freddy, Kamis (12/8/2010).

Proyek monorel merupakan proyek kerja sama antara PT Jakarta Monorail dan Pemprov DKI. Pemprov DKI hanya berperan sebagai penyedia jalur transportasi dan pembiayaannya dilakukan Jakarta Monorail. Masalahnya, proyek angkutan massal itu tak kunjung selesai hingga sekarang.

Pemprov DKI Jakarta sudah berencana mengambil alih proyek itu. Namun, pengambilalihan ini tidak gampang. Sebab, Jakarta Monorail meminta Pemprov DKI memberikan kompensasi atas investasi yang telah dilakukan.

Hingga saat ini, kedua belah pihak belum sepakat soal berapa kompensasi yang harus dibayarkan. Hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan, kompensasi yang harus dibayarkan maksimal sebesar Rp 204 miliar. (KONTAN/Adi Wikanto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com