Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Silangit di Taput Siap Didarati Pesawat dari Jakarta

Kompas.com - 29/07/2010, 17:02 WIB

SILANGIT, KOMPAS.com  - Bandara Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara tahun ini siap didarati pesawat Wings Air tipe ATR-72 dengan rute penerbangan Jakarta-Silangit. 

Staf Bandara, Dyan Nugroho, Kamis, menerangkan, program dan persiapan teknis lainnya sedang dibenahi. Kerja sama sudah dibuat dengan pihak Trans Wisata (TWA) dan Wings Air. "Sejak diresmikan 9 Maret 2005, pembenahan terus dilakukan. Tahun 2007 pesawat jenis F-28 dan F-27 berhasil mendarat dengan mulus, sebagai indikasi bandara sudah bisa menerima pendaratan pesawat berbadan besar," katanya.

Ia menambahkan, saat ini pesawat tipe F-100, B-737 seri 200 sudah bisa mendarat sempurna dan hampir tidak ada masalah berarti. "Dalam waktu dekat maskapai penerbangan Wings, anak perusahaan Lion Air akan membuka rute baru Jakarta-Silangit setelah transit di Pekanbaru," terangnya.

Program kerja untuk rute penerbangan baru tersebut belum lama ini telah dibahas Pemkab Tapanuli Utara dan Pemprov Sumut bersama pihak Lion Air Group. Dijelaskannya, fasilitas landasan berupa runway sepanjang 2250x30 meter yang ada saat ini sebenarnya sudah layak.

Akan tetapi, pembenahan masih terus dilakukan supaya panjang landasan dan kekuatannya sesusai bagi pesawat yang lebih besar. Apalagi, lanjutnya, bulan Desember 2010 diperkirakan Presiden SBY akan menghadiri peresmian museum Batak TB Silalahi Center di Balige. "Selain itu, kemungkinan besar kehadiran Presiden akan dikaitkan dengan rencana penggantian nama bandara Silangit menjadi nama salah seorang tokoh pejuang Batak," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com