Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Tol Bakrieland Terancam Mangkrak

Kompas.com - 21/07/2010, 21:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) kini sedang gelisah. Rencana pembangunan jalan tol perusahaan Grup Bakrie ini terancam mangkrak. Pasalnya, hingga saat ini Badan Layanan Umum (BLU) belum juga menggelontorkan dana untuk pembebasan lahan untuk proyek ELTY.

Presiden Direktur Bakrieland Hiramsyah S Thaib mengatakan, pihaknya sudah mengajukan dana pembebasan lahan jalan tol untuk Pejagan-Pemalang sebesar Rp 233 miliar. Namun, "Yang baru dikucurkan oleh BLU baru sebesar Rp 60 miliar," katanya.

Sementara, untuk jalan tol Batang-Semarang, Bakrieland sudah mengajukan dana sebesar Rp 530 miliar. Namun, dana yang baru cair sebesar Rp 27 miliar. Yang paling miris, dana pembebasan lahan untuk Ciawi-Sukabumi sebesar Rp 692 miliar belum mengucur sama sekali.

Alhasil, Bakrieland memilih untuk merogoh kocek sendiri agar pembangunan sejumlah ruas jalan tol bisa dilanjutkan. Dana internal yang sudah dikeluarkan mencapai Rp 20 miliar.

Menurut Hiramsyah, masalah yang mendera Bakrieland membuat pemerintah geram. Sebab, pencairan dana BLU untuk proses pembebasan lahan ini sangat minim. Padahal, untuk pembebasan lahan pemerintah sudah menganggarkan dana sebesar Rp 1,4 triliun. Namun, dari nilai itu, BLU baru mencairkan dana sekitar Rp 800 miliar.

Masalah ini secara otomatis membuat pembangunan jalan tol  Bakrieland terancam mundur. Ia mencontohkan pembangunan jalan tol Ciawi-Lido, jalur Ciawi-Sukabumi. Seharusnya, pembebasan lahan ditargetkan selesai pada tahun 2010 dan pembangunan konstruksi pada tahun 2011. Namun, hingga kini pembebasan lahan untuk jalur ini baru selesai sekitar 5 persen hingga 7 persen saja. (Abdul Wahid Fauzi/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com