Selasa, 21 Oktober 2014
Menara Jakarta
Desain Menara Jakarta Berubah
Kamis, 15 Juli 2010 | 15:17 WIB
|
Share:
Menara Jakarta di antara menara lain di dunia

JAKARTA, KOMPAS.com -  Rencana pembangunan Menara Jakarta mengalami perubahan konsep dan mengalami perubahan desain.

Penyesuaian desain gedung itu sangat penting dilakukan mengingat gedung tersebut akan digunakan oleh industri telekomunikasi dan penyiaran.
-- Handaka Sentosa

Handaka Sentosa, CEO Menara Jakarta menyebutkan, saat ini terjadi perubahan desain dan konsep dari sebelumnya yang sudah pernah disusun. ”Sampai saat ini desainnya itu belum selesai,” kata Handaka.

Untuk melakukan penyesuaian konsep tersebut, Handaka mengaku, sudah mendekati sejumlah sejumlah perusahaan komunikasi yang merupakan calon ”penghuni” gedung yang diperkirakan bakal menjadi bagian dari gedung-gedung tertinggi di dunia itu. “Sudah ada perusahaanya, tapi jangan saya sebutkanlah,” kata Handaka.

Menurut Handaka, penyesuaian desain gedung itu sangat penting dilakukan mengingat gedung tersebut akan digunakan oleh industri telekomunikasi dan penyiaran. Sayangnya, Handaka belum mau buka mulut kapan lauching desain terbarunya itu. ”Kalau desain sudah selesai nanti saya umumkan,” jelas Handaka.

Mengenai persoalan pendanaan, Handaka mengatakan, sejauh ini perusahaannya tidak mengalami kesulitan. Namun, kendala yang dihadapi saat ini terjadi lebih pada perubahan konsep desain gedung yang belum selesai.

”Masalahnya, kita menginginkan desain mengakomodir kebutuhan,” jelas Handaka. Menurutnya, kebutuhan dari gedung itu nanti tidak hanya industri telekomunikasi saja tetapi juga kebutuhan multi-use complex.

Rencananya, Menara Jakarta tersebut akan dibangun dilahan seluas 5,3 hektare di kawasan Kemayoran. Untuk awalan pembangunan bakal dimulai akhir tahun ini dan diperkirakan akan di evaluasi pada tahun 2012 akan direview terlebih dahulu; lalu pembangunan Menara Jakarta itu akan dirampungkan tahun 2013. (Asnil Bambani Amri/KONTAN)

Sumber :
KONTAN
Editor :
R Adhi KSP