Senin, 21 April 2014
BANDARA
Bandara Soeta Bisa Kalahkan Changi
Penulis : Pingkan E Dundu | Kamis, 1 Juli 2010 | 20:25 WIB
|
Share:
Robert Adhi Ksp/KOMPAS
Suasana Bandara Internasional Soekarno-Hatta

TANGERANG, KOMPAS.com - Perkembangan ekonomi yang tumbuh pesat ikut mempengaruhi peningkatan kepadatan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Jakarta. Jika tahun 2009 kepadatan penumpang mencapai 37 juta orang per tahun, maka tahun 2010 kepadatan penumpang diperkirakan mencapai 40 juta orang per tahun.

Untuk pengembangkan pembangunan terminal III, tahun ini kami akan menambah satu apron tempat parkir pesawat lagi.
-- Eddy Haryoto

"Mengacu dari peningkatan kepadatan penumpang tahun 2008-2009 yang mencapai 18 persen, tahun ini diperkirakan akan mencapai 40 juta penumpang per tahun atau meningkat 20 persen dari tahun sebelumnya. Artinya, kepadatan Bandara Soekarno Hatta akan melampaui Bandara Changi, Singapura yakni 38 juta sampai 39 juta penumpang per tahun," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II, Eddy Haryoto usai acara sunatan massal di bandara, Kamis (1/7/2010).

Menurut Eddy, meningkatnya kepadatan penumpang pesawat ini seiring dengan pertumbuhan ekonomi.

Salah satu upaya mengantisipasi meningkatnya kepadatan penumpang tersebut, lanjut Eddy, pihaknya telah menyiapkan penambahan kapasitas tampung di Terminal I C dan III. Kapasitas Terminal I C untuk 4 juta penumpang yang akan diresmikan tangga 12 Juli mendatang. Terminal I C, merupakan pengembangan kawasan terminal I dijadikan sebagai terminal moderen yang akan dilengkapi pusat perbelanjaan.

"Untuk pengembangkan pembangunan terminal III, tahun ini kami akan menambah satu apron (tempat parkir pesawat) lagi. Pembangunan akan selesai tahun ini," kata Eddy.

Jika pengembangan kawasan terminal III sudah rampung, lanjut Eddy, pihaknya berencana membangun terminal IV yang mampu menampung 64 juta penumpang. "Pembangunan terminal IV ini masih lama. Akan tetapi pembangunan itu sudah direncanakan jauh hari sebelumnya," tambah Eddy.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Cabang Utama PT AP II Bandara Soekarno Hatta, Haryanto mengatakan, pembangunan terminal I C sebagai upaya mengatasi meningkatnya kapasitas penumpang dan maskapai penerbangan melalui bandara. "Terminal I C merupakan salah satu upaya PT AP II memperluas space terminal kedatangan dan keberangkatan tersebut. Di terminal I C sudah dipersiapkan pusat perbelanjaan bagi penumpang sebelum berangkat atau setelah tiba di bandara," kata Haryanto.

Terkait dengan perbaikan pelayanan dalam bandara, Eddy mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan inovasi untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban dalam kawasan bandara. Salah satu upaya adalah membersihkan tenaga porter dan taksi gelap di terminal I C dan III.


Editor :
I Made Asdhiana