Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjelang Tiga Abad Gedung Eks Stadhuis Batavia

Kompas.com - 29/06/2010, 13:32 WIB


KOMPAS.com -- Tak sampai dua pekan mendatang, tepat tiga abad usia gedung Museum Sejarah Jakarta (MSJ). Gedung yang sekarang ada, tak lain adalah gedung bekas Stadhuis Batavia atau Balai Kota Batavia. Ada dua versi tentang kapan gedung tersebut mulai digunakan sebagai balai kota.

 

Menurut Hans Bonke dan Anne Handojo dalam buku “Dari Stadhuis Sampai Museum”, peresmian gedung itu  menjadi balai kota terjadi pada 7 Juli 1710. Sementara dalam buku Adolf Heuken, “Tempat-tempat Bersejarah di Jakarta”, disebutkan, tanggal 10 Juli 1710 gedung itu diresmikan sebagai Balai Kota Batavia.

 

Tanggal 10 Juli itu memang diperkuat dengan prasasti batu yang terpampang di sisi kiri pintu masuk ke halaman dalam MSJ. Di situ tertulis jelas bahwa pembangunan dimulai pada 25 Januari 1707 di masa Gubernur Jenderal Joan van Hoorn dan Gubernur Jenderal Abraham van Riebeeck yang kemudian meresmikan pada 10 Juli 1710. Peletakan batu pertama dilakukan oleh putri van Hoorn, Petronella Wilhelmina, pada pagi hari 25 Januari 1707.

 

Batu pertama itu kini masih bisa dilihat di tembok depan MSJ persis di samping kiri atas toko suvenir MSJ. Di sana masih terlihat tulisan yang dipahat pada batu dan menunjukkan bahwa batu pertama dibenamkan pada 25 Januari 1707. Demikian pula batu di atas pintu masuk MSJ. Di sana tertulis 2 Desember 1707.  

 

Bagaimanapun, Juli mendatang merupakan hari besar bagi gedung tersebut karena bertahan selama 300 tahun. Lantas akankah masa tiga abad itu lewat begitu saja? Boleh jadi jawabannya, ya.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com