Kamis, 30 Oktober 2014
Perumahan
Pembangunan Rumah Murah di Palembang Dilanjutkan
Selasa, 15 Juni 2010 | 15:56 WIB
|
Share:
KOMPAS/BONI DWI PRAMUDYANTO
Seorang calon pembeli rumah melihat suasana lingkungan di lokasi pembangunan perumahan sederhana di Alang-alang Lebar, Palembang, Rabu (19/8). Di perumahan tersebut, hampir 80 persen rumah yang akan dan sedang dibangun sudah dibeli konsumen.
TERKAIT:

PALEMBANG, KOMPAS.com - Pembangunan rumah murah di daerah Jakabaring dan Kertapati, Kota Palembang, Sumatera Selatan, yang sempat terhenti akan dilanjutkan kembali setelah dananya tersedia, kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

Menurut Gubernur di Palembang, Senin, Pemerintah Sumatera Selatan memprogramkan pembangunan 2.000 unit rumah murah untuk masyarakat tidak mampu yang bekerja di sektor formal dan nonformal di dua daerah itu pada 2010.

Alex menyatakan, saat ini kontraktor yang akan membangun rumah murah itu sedang "kehabisan napas" karena dana pinjaman dari bank yang diharapkan menjadi modal untuk membangun rumah murah itu belum cair. "Belum cairnya dana tersebut karena ada beberapa persyaratan yang belum bisa dipenuhi," kata dia.

Ia menyatakan, pihaknya akan meminta kontraktor untuk memenuhi persyaratan tersebut sehingga dana bisa segera dicairkan. Dia menyatakan, kelengkapan administrasi memang harus jelas karena menyangkut perbankan.

"Yang dipertaruhkan adalah uang rakyat, jadi harus benar-benar sesuai dengan aturan, jangan sampai ada penyimpangan, jadi tunggu saja," ujar Alex.

Alexmenuturkan, pembangunan rumah murah pada tahun 2010 merupakan proyek percontohan sehingga semuanya dipacu untuk diselesaikan. Selain itu, Pemprov juga harus fokus pada persiapan menjadi tuan rumah pelaksanaan SEA Games ke-26 pada 2011, setelah itu baru kembali menangani program awal yang telah dicanangkan, kata Alex lagi.

Rumah murah untuk masyarakat kalangan bawah dari sektor formal maupun nonformal itu dibangun di kawasan Jakabaring dan Kertapati masing-masing sebanyak 1.000 unit dengan tipe 36 dan tipe 21. (ANT)


Editor :
Robert Adhi Kusumaputra