Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Batal Dukung Dana KA Bandara-Manggarai

Kompas.com - 02/06/2010, 17:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pemerintah mencabut government support alias sokongan pemerintah atas proyek kereta bandara yang menghubungkan Bandara Soekarno-Hatta dengan Stasiun Manggarai.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Tundjung Inderawan menjelaskan, dukungan pendanaan Rp 1,5 triliun dari pemerintah untuk menyediakan tanah terpaksa dicabut karena keterbatasan dana.

"Membebaskan tanah warga dari Angke sampai Pluit itu butuh dana sekitar Rp 1,5 triliun. Sementara anggaran Ditjen Perkeretaapian tahun ini saja Rp 3 triliun, tidak mungkin separuhnya diserahkan untuk proyek itu karena kami juga harus membiayai yang lain," kata Tundjung, kemarin.

Karena itulah, Tundjung meminta tiga perusahaan yang sudah lolos tahap prakualifikasi pelaksanaan tender sebelumnya untuk tidak mengandalkan bantuan pemerintah. Ketiganya adalah PT Railink, Mitsui dan China Harbour.

"Kami sudah komunikasikan, jangan terlalu mengandalkan government support. Karena kalau mengandalkan pemerintah, pasti lama jadinya proyek itu. Kami ingin semua pendanaan dari investor, termasuk untuk tanah. Pemerintah hanya membantu menyediakan saja," jelasnya.

Tundjung mengaku tidak khawatir calon investor bakalan kabur begitu mendengar kabar dicabutnya government support atas proyek kereta bandara. (Gentur Putro Jati/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com