Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Dulu Bali Perhatikan Keseimbangan Lingkungan

Kompas.com - 25/05/2010, 06:42 WIB

NUSA DUA, BALI, KOMPAS.com - Tokoh properti Indonesia Ciputra mengatakan FIABCI University yang akan digelar dalam Kongres FIABCI di Bali akan menekankan pentingnya pembangunan dan pengembangan real estate berdasarkan prinsip eco-property, yang memperhatikan lingkungan.

“Kita bersyukur dan berterima kasih pada mereka yang mendirikan dan menentukan kriteria pembangunan Bali berdasarkan lingkungan. Kita bersyukur pada Bung Karno yang memberi kriteria bahwa tinggi bangunan tak boleh lebih tinggi dari pohon kelapa. Ini luar biasa. Sejak dulu Bali dibangun dengan prinsip lingkungan, ekosistem yang baik,” kata Ciputra.

Menurut Ciputra, yang mengusulkan agar topik lingkungan dibahas dalam Kongres FIABCI adalah Sdr Pingki Pangestu. “Topik eco-property ini sangat tepat. Dan FIABCI University akan menekankan pentingnya membangun dengan prinsip eco-property,” tandasnya.

Ciputra juga menambahkan, dia bangga pernah membangun kawasan Ancol lebih dari 30 tahun lalu. “Taman Impian Jaya Ancol sampai saat ini masih banyak daerah hijau. Dan di sepanjang pantai Ancol, tak ada rumah pribadi. Yang ada adalah public property. Dan Ancol sampai saat ini mempertahankan penghijauan,” jelasnya.

“Sekali lagi kita perlu bersyukur dapat melihat Bali dengan keindahan seperti saat ini. Coba Anda lihat Dubai, mereka bangun high-rise, ingin menjangkau langit. Tapi yang Balilakukan adalah mempertahankan ekologi. Dan tidak ada tawar-menawar soal ini. Saya berpesan tolong jaga Bali, jangan sampai berubah. Tinggi bangunan jangan sampai lebih dati tinggi pohon kelapa. Kalau KDB di Jakarta bisa 60 persen, Bali bisa 20 persen,” kata Ciputra. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com