Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakuwon Bangun Gandaria8 yang Ramah Lingkungan

Kompas.com - 18/05/2010, 16:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup Pakuwon membangun gedung perkantoran berlantai 32 yang ramah lingkungan dan menerapkan prinsip-prinsip green building. Gedung perkantoran modern dengan grade A ini berada di kawasan superblok Gandaria City seluas 7,4 hektar.

Gandaria8 menjadi gedung perkantoran pertama di Indonesia yang memperoleh Green Mark Building Gold Award dari Building and Construction Authority International (BCAI), badan sertifikasi bangunan ramah lingkungan yang berkedudukan di Singapura.

Vice President Director Gandaria City, A Stefanus Ridwan S, hari Selasa (18/5/10) mengungkapkan, Gandaria8 sudah memenuhi berbagai syarat gedung yang ramah lingkungan. Di antaranya letak gedung dengan posisi diagonal, penggunaan kaca double glazing dan dotted glass, penggunaan sistem pendingin ruangan VRV (Variable Refrigant Volume) dan WCPU (Water Cooled Package Unit), penggunaan lampu LED di area lobi dengan total penghematan energi sampai 12,8 persen.

Selain itu, kata Stefanus, penggunaan air di Gandaria8 diatur sedemikian rupa sehingga air kotorr dapat didaur ulang. Pengaturan ini menyebabkan gedung dapat menghemat konsumsi air sampai 50 persen. Desain gedung ramahlingkungan ini memberi berbagai dampak positif bagi para penyewa dan pemilik unit kantor dengan faktor kenyamanan tinggi dan penghematan biaya operasional kantor dan biaya pengelolaan gedung itu.  

Penghematan air yang dapat dilakukan di gedung ini sebanyak 4,4 juta kubik air setahun atau setara dengan Rp 3 miliar, sedangkan penghematan listrik bernilai Rp 500 juta per tahun. "Penghematan yang dapat dilakukan di green building ini sepertiga dari biaya operasional gedung perkantoran biasa," kata Stefanus.

Ia mengakui ada tambahan biaya lebih dari Rp 10 miliar untuk membuat gedung Gandaria8 ini ramah lingkungan, namun setelah gedung beroperasi, biaya operasional dapat ditekan sehingga lebih murah.  

Sementara itu Marketing Manager Gandaria City Irma Kurnia menjelaskan, hingga saat ini 60 persen ruang perkantoran Gandaria8 sudah terisi, 55 persen strata title, dan 5 persen sewa. "Umumnya kontraktor minyak dan perusahaan pertambangan yang memilih Gandaria8 sebagai kantor mereka," kata Irma. Seluruhnya ada 90 perusahaan yang berkantor di Gandaria8.

Sepuluh persen lagi diisi oleh Grup Pakuwon. "Kami memindahkan head office Jakarta di Gandaria8," kata Ridwan.

Kapasitas parkir perkantoran ini sangat besar karena dapat memanfaatkan parkiran mal Gandaria City. Kapasitas seluruhnya mencapai 5.000 mobil. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com