Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Bandara Banten Selatan Sesuai Aturan Keselamatan

Kompas.com - 05/05/2010, 19:37 WIB

PANDEGLANG, KOMPAS.com  - Lokasi pembangunan Bandara Banten Selatan di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, telah sesuai dengan aturan Kawasan Keselamatan Operasional Penerbangan (KKOP).

"Lokasinya telah ditetapkan dan telah sesuai dengan aturan KKOP, jadi sepertinya sulit untuk dipindahkan," kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten Toni Mukson di Pandeglang, Rabu.

Menurut politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, kalau lokasi pembangunan Bandara itu dipindahkan maka butuh waktu lagi untuk melakukan pengkajian. Penetapan lokasi Bandara tidak bisa ditentukan begitu saja.

"Karena lokasinya telah ditetapkan dan telah sesuai dengan KKOP maka kita dukung saja agar realisasi pembangunannya bisa segera dilaksanakan," kata anggota DPRD Provinsi Banten dari daerah pemilihan Kabupaten Pandeglang itu.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Pandeglang Maman Lukman sebelumnya mengharapkan agar lokasi pembangunan Bandara tidak berada pada areal persawahan karena bisa mengurangi lahan pertanian di daerah itu.

"Lokasi pembangunan Bandara itu sudah final pada satu desa di Kecamatan Panimbang, dan lokasi itu sebagian besar merupakan areal persawahan," katanya.

Maman berharap agar pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten bisa kembali melakukan evaluasi terhadap lokasi pembangunan Bandara tersebut, dan jika memungkinkan dapat dipindahkan.

"Kalau bisa ditinjau ulang, kita mengharapkan agar lokasi Bandara itu pada areal yang tidak produktif, namun kalau lokasi itu memang sudah tidak bisa berubah kami tetap mendukung," kata politisi dari Partai Keadilan Sejahtera itu.

Pembangunan Bandara perintis itu, merupakan program dari pemerintah pusat guna mendukung kelancaran transportasi. Tujuannya untuk memudahkan penanganan ketika terjadi bencana di wilayah Pandeglang bagian selatan itu.

Sembilan kecamatan di wilayah Pandeglang bagian selatan di antaranya Panimbang merupakan daerah "langganan" banjir bandang. Setiap turun hujan deras di wilayah itu dipastikan terjadi banjir cukup tinggi dan merendam rumah penduduk, areal pertanian serta perkebunan. (ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com