Kamis, 23 Oktober 2014
Asesori
Menghias Gorden Jendela dengan Gambar Lucu dari Kain Perca
Senin, 3 Mei 2010 | 18:28 WIB
|
Share:

oleh: Rasantika M. Seta
 
Gorden dapat dibuat lebih indah dengan menambahkan hiasan pada permukaan kainnya. Hiasan dapat dibuat dari kain perca. Aneka motif bisa dibuat di sana.

Seni kerajinan aplikasi adalah seni sulam dengan cara menempatkan potongan-potongan kain perca yang sudah dirancang atau dipola sehingga membentuk gambar unik. Pola gambar kemudian dipasang pada selembar kain dengan cara dijahit, baik dengan tangan maupun dengan mesin, mengikuti seluruh tepi pola gambar.

Awalnya seni kerajinan aplikasi dilakukan un­tuk me­nambal bagian kain yang rusak de­ngan kain yang ter­sedia dengan tetap memperhatikan ke­indahan. Penempatan dan pemilihan kain sa­ngat diperhatikan. Begitu juga dengan corak dan warnanya. Perpaduan warna kain dan corak yang tepat menghasilkan ragam hias aplikasi yang apik.

Dalam perkembangannya, seni tambal kain perca tak sekadar menambal dengan pola bentuk apa adanya. Corak gambar sengaja didesain dan ditata rapi pada selembar kain. Sama halnya dengan bor­dir dan sulam, seni aplikasi juga tak hanya un­tuk pakaian, tapi juga merambah ke berbagai kebutuhan rumah tangga lain, seperti gorden dan vitrase.

Aplikasi umumnya dipasang pada bahan gorden dan vitrase yang polos. Aplikasi dibuat dari gun­tingan ba­han yang dibentuk sesuai dengan pola hias yang kita inginkan. Pemasangan aplikasi bisa dijahit me­sin atau sulam tangan. Jahitan me­­sin biasanya re­latif lebih rapi dari sulam ta­ngan, se­dang­kan hasil akhir sulam tangan lebih unik dan artistik. (iDEA/Aksentuasi Tirai)

Sumber :
iDEA
Editor :
ksp