Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksen Bordir Membuat Jendela Rumah Menjadi Cantik dan Unik

Kompas.com - 03/05/2010, 18:12 WIB

oleh: Rasantika M Seta
 
KOMPAS.com — Kata bordir berasal dari embroidery. Artinya, corak hias pada kain yang diciptakan dengan bantuan jarum dan benang khusus untuk membuat ragam corak. Benang itu biasa disebut dengan benang sulam atau benang bordir.

Seni bordir berawal dari seni kerajinan menyulam yang dilakukan secara manual atau de­ngan tangan dalam membuat pola hias di atas kain. Pola hias dibentuk dengan meng­guna­kan jarum dan benang sulam. Beragam corak hias dihasilkan lewat berbagai teknik tusuk­an jarum, yang antara lain dinamai tusuk silang (crosstich), tusuk rantai (chainstich), tusuk mawar (rosestich), tusuk pagar (veston), dan tusuk jelujur (stich together).

Sejalan dengan perkembangan zaman, mesin khusus bordir kemudian diciptakan dengan berbagai teknik variasi corak hias. Perkembangan ini diikuti dengan munculnya aneka warna benang dan jenis jarum, khusus untuk mesin bordir. Sama halnya dengan sulaman, dari mesin bordir dihasilkan beragam corak hias, antara lain: bordir engkol, bordir seset, bordir penuh, bordir isi, bordir kerancang, dan bordir setengah isi.

Banyak keuntungan dari kehadiran mesin bordir ini. Selain menghasilkan corak hias dalam waktu lebih singkat dengan kualitas sama baik dengan sulaman tangan, harga benangnya lebih terjangkau dan mudah didapat. Walau seni kerajinan bordir menggunakan bantuan mesin, kreativitas dan keterampilan tetap memegang peran penting untuk meran­cang gambar yang memiliki nilai seni yang tinggi.

Ragam dan corak bordir
Ragam corak dan warna bordir selalu berubah mengikuti perkembangan mode. Namun bisa dikatakan corak seputar flora dan fauna selalu menjadi pilihan. Belakangan ini yang banyak penggemarnya adalah corak bunga kecil dan serangga.

Dalam perkembangannya, corak hias sulam bordir sebagai aksen atau pemanis tidak hanya diaplikasikan untuk pakaian (kebaya, kemeja, rok, dan sebagainya), tetapi juga untuk barang kebutuhan rumah tangga lain, termasuk gorden dan penahannya (tie back).

Corak hias bordir umumnya dibubuhkan pada kain gorden polos, ringan, dan tipis. Seperti pada bahan katun, belacu, atau sutra sintetis. Tidak semua gorden polos cocok dihiasi bordiran, terutama jika bahannya tebal.

Bahan gorden yang sudah bertekstur juga tak perlu lagi diberi detail bordir. Corak hias bordir atau sulam tangan paling tepat diberikan pada gorden polos (yang tidak terlalu tebal) sehingga corak tersebut mengisi kekosongan lembar luas gorden dan memiliki nilai seni yang apik. (iDEA/Aksentuasi Tirai)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com