Jumat, 29 Agustus 2014
Partisi Ruangan yang Fungsional dan Atraktif
Sabtu, 24 April 2010 | 19:50 WIB
|
Share:
iDEA/ Tri Rizeki Darusman
Partisi ruangan yang fungsional dan atraktif

KOMPAS.com - Boks atraktif di ruang tamu ini eyecatching. Boks juga menjadi penyekat ruangan secara fisik bukan visual, sehingga ruangan tak berkesan sempit.

Pembatas ruang dapat dibuat dari apa saja. Desain pembatas yang unik, dapat berfungsi sekaligus sebagai elemen dekorasi pada ruangan.

Salah satu desain yang menarik itu bisa dilihat pada foto di samping. Pembatas antara ruang tamu dan ruang keluarga ini unik. Ada rangka kayu yang mirip dengan huruf C. Di bagian dasar rangka ini, terdapat "pot" bersisi batuan. Di sana ditanam batang-batang bambu kering. Menarik bukan?

Nah, pembatas seperti ini sebetulnya mudah dibuat. Paling tidak, begini cara singkatnya:

1. Siapkan rangka kayu bentuk “C” dengan dimensi sesuai kebutuhan ruang. Di sini, rangka kayu yang menjadi bingkainya berdimensi panjang 200cm, lebar 40cm, tinggi 80cm, dengan tebal bingkai 10cm.

2. Siapkan dua lembar kaca tebal 10mm dengan ukuran 198cmx78cm (2cm lebih kecil dari ukuran bingkai).

3. Buatlah sedikit cerukan pada sisi kiri dan kanan bingkai untuk tempat masuk kaca dan sealant (lem kaca). Kedalamannya 2cm, tebal cerukan ±12mm. Lalu pasang kaca ke dalam bingkai, sehingga diperoleh kotak menyerupai akuarium dengan rangka terbuat dari kayu.

4. Untuk menancapkan batang-batang bambu, buatlah wadah atau rangka dari kayu bekas kira-kira seukuran lebar boks kaca, dengan tinggi separuh tinggi boks (40cm). Lubangi bagian atasnya sesuai ukuran batang bambu dan banyaknya jumlah bambu. Letakkan di dalam boks kaca.

5. Masukkan satu demi satu bambu-bambu ke dalam lubang-lubang yang sudah disiapkan itu. Setelah bambu terpasang, timbun boks kaca dengan batu kerikil putih berukuran besar, atau jenis lain yang Anda suka. (Sita Hapsari/Sumber: iDEA Books/Rumah Compact)

Sumber :
iDEA
Editor :
ksp